Jokowi Dinilai Pantas Gantikan Megawati di PDIP

[PORTAL-ISLAM.ID]  Salah satu calon Ketua Umum PDIP yang pantas untuk menggantikan Megawati Soekarnoputri adalah Joko Widodo atau Jokowi. Hal itu disampaikan oleh Peneliti Indopolling Network Wempy Hadir, jika memang pertimbangan atas dasar ideologis dan rekam jejak.

Kata Wempy, Jokowi merupakan politisi yang lahir dari bawah. Ia pernah menjabat sebagai Walikota hingga menjabat sebagai Presiden sejak tahun 2014 lalu.

"Jika pertimbangan yang digunakan asalah pertimbangan ideologis dan rekam jejak, maka posisi Pak Jokowi menjadi figur paling mempunyai peluang untuk memimpin PDI Perjuangan pasca Bu Mega," katanya seperti dikutip dari law-justice.co, Jumat (19/3/2021).

Menurut Wempy, Jokowi memiliki syarat sebagai solidarity maker di tubuh partai berlambang banteng itu. Analisa Wempy, Jokowi tidak akan memiliki kepentingan untuk mencalonkan presiden lagi. Dengan demikian, nantinya orang nomor satu di Indonesia itu akan fokus membesarkan partai.

"PDI Perjuangan membutuhkan solidarity maker. Itu ada dalam diri Pak Jokowi. Solidarity maker sangat penting agar tidak membuat partai terpecah belah," ujarnya.

Meski demikian, Megawati juga pasti mempertimbangkan dua anak kandungnya, Puan Maharanai dan Prananda Prabowo untuk disiapkan menggantikan dirinya memimpin PDIP yang sudah dijabat 22 tahun sejak 24 Maret 1999.[]