Komentari Survei Microsoft, Mantan Jubir Gus Dur: Penguasa yang Paling Gak Sopan Sama Rakyatnya

[PORTAL-ISLAM.ID]  Mantan Juru Bicara (Jubir) Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Adhie Massardi ikut menanggapi survei Indeks Keadaban Digital atau Digital Civility Index (DCI) dari Microsoft yang dirilis belum lama ini.

“NETIZEN NKRI paling gak sopan, tukang sebar kabar bohong (hoax), ini kata survei Microsoft. Gak usah dibantah, faktanya memang bgt,” kata Adhie dikutip Fajar.co.id dari akun Twitternya, Jumat (26/2/2021).

Tak hanya netizen, Adhie menyebutkan perilaku netizen di media sosial ikut dipengaruhi oleh pemimpin dan pemerintahan saat ini.

“Tapi jika ada survei sejenis dilakukan pada penyelenggara negara di dunia, hasilnya ya gak jauh beda: Penguasa NKRI paling gak sopan sama rakyatnya,” sebutnya.

Sebelumnya, pernyataan bahwa warganet Indonesia termasuk dalam golongan yang paling tidak punya adab tersebut, berasal dari hasil survei Indeks Keadaban Digital atau Digital Civility Index (DCI) dari Microsoft yang dirilis belum lama ini.

Penelitian tersebut digelar Microsoft di 32 negara dan melibatkan lebih dari 16.000 responden.

Dari hasil survei diketahui bahwa Indonesia bersama dengan Rusia, Afrika Selatan, dan Meksiko masuk dalam golongan paling tak punya adab di internet.

Di lingkup Asia Tenggara, Indonesia menjadi negara dengan adab paling buruk, sementara Singapura paling bagus. Disusul oleh Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam. (msn/fajar)