PKS Tagih Janji Kapolri: Tindak Tegas Abu Janda yang Menyakiti Umat Islam dan Memecah Belah Anak Bangsa

[PORTAL-ISLAM.ID] Anggota Komisi VIII DPR dari Fraksi PKS Bukhori Yusuf mengecam tindakan Permadi Arya alias Abu Janda Arya yang menghina Islam melalui cuitannya di media sosial. 

Dalam cuitannya tersebut, Abu Janda menyebut Islam agama pendatang dari Arab yang arogan.

“Ini sudah kelewat batas. Dia sudah terlalu sering membuat kegaduhan publik dengan ujarannya yang meresahkan," kata Bukhori dalam keterangannya, Sabtu (30/1/2021).

Namun anehnya, Bukhori menilai terkesan ada pembiaran selama ini kendati sudah banyak pihak yang dirugikan atas ulah buzzer ini. 

"Orang seperti ini yang justru berpotensi memecah belah NKRI karena memperkeruh suasana kerukunan antarwarga negara,” ungkapnya. 

Politikus PKS ini meminta Polri segera memproses secara hukum dan menindak tegas Abu Janda. 

Pasalnya, kata Bukhori, Abu Janda telah terbukti secara terang-terangan menyakiti umat Islam melalui pernyataannya belakangan ini yang mendiskreditkan Islam. 

“Dia tidak hanya menyakiti umat Islam tetapi juga berpotensi memecah belah anak bangsa dan mengadu domba internal umat Islam,” sambungnya.

Ini bukan kali pertama Abu Janda mengeluarkan pernyataan kontroversial. 

Sebelumnya, dia juga dipolisikan terkait kasus dugaan rasisme terhadap mantan komisioner HAM, Natalius Pigai. 

Dari sederet pernyataan kontroversial tersebut alhasil membuatnya dipolisikan oleh pelbagai pihak. Meskipun demikian, dia seolah kebal hukum kendati sudah sering dipolisikan. 

Karena itu, Bukhori melanjutkan, ini menjadi momentum emas bagi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk memulai debut presisi-nya dengan segera menindaklanjuti kasus ini. 

Menurut Bukhori, kesempatan baik ini harus dimanfaatkan Polri untuk memulihkan kepercayaan publik kepada Korps Bhayangkara yang selama ini nyaris hopeless atas pola penegakan hukum yang sangat mengecewakan. 

“Negara tidak akan diuntungkan dengan kehadiran buzzer yang meresahkan publik. Negara harus segera menertibkan mereka bila ingin mengembalikan kehangatan percakapan kita sebagai warga negara yang menjunjung tinggi akhlak dalam merespons perbedaan,” pungkas Bukhori. 

Untuk diketahui, Kapolri di bawah Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengusung konsep Presisi (Prediktif, Responsibilitas, Transparansi, Berkeadilan). 

Nilai Berkeadilan diusung oleh Kapolri yang baru dalam rangka merespons persepsi publik yang memandang penegakan hukum oleh kepolisian selama ini masih tebang pilih.

Saat menjalani fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan calon kapolri di DPR, Listyo Sigit Prabowo menyampaikan paparan visi-misi akan menjamin hukum yang adil bagi semua kalangan.

"Ke depan tidak boleh lagi ada hukum hanya tajam ke bawah tapi tumpul ke atas," kata Listyo Sigit di Kompleks Parlemen Senayan, Rabu (20/1/2021).

Janji ini yang sekarang perlu dibuktikan.

Rakyat memantau dengan penuh harapan.

Baca juga :