Gempa Dahsyat Turki 24 Januari 2020, Setahun Kemudian... Bangunan Baru Selesai dan Diserahkan Gratis Untuk Korban Gempa

Reuters memberitakan Gempa berkekuatan 6,8 skala Richter mengguncang Provinsi Elazig, sekitar 550 kilometer dari ibu kota Ankara, Turki, pada Jumat (24 Januari 2020) sore.

Gempa tersebut kemudian diikuti oleh gempa susulan sebanyak lebih dari 250 kali, seperti dilansir dari Reuters, Sabtu (25/1/2020).

87 bangunan bertingkat runtuh dengan 1.287 bangunan lainnya begitu rusak sehingga harus dihancurkan. Ribuan bangunan lain di luar kota terkena dampak serius. Semua bangunan di 25 desa dilaporkan hancur. Korban jiwa mencapai 41 orang meninggal.

Setahun kemudian... bangunan baru, perumahan/apartemen yang lebih bagus selesai dibangun oleh pemerintah Turki. Tidak hanya rumah, tapi juga dibangun sekolah, masjid dan taman.

Pada Senin 25 Januari 2021 kemarin, Presiden Erdogan menyerahkan kunci rumah dan semua fasilitas di dalamnya untuk para korban gempa yang rumahnya hancur. 

Semua diberikan GRATIS. 
Semua selesai dalam 1 tahun. 
Kualitas bangunan seperti terlihat pada foto.

"Dan setahun kemudian, pemandangan seperti ini muncul. Rumah-rumah yang layak untuk Elazig kita bangun. Dengan sekolah, masjid, dan tamannya, untuk menyiapkan ruang hidup yang bahagia bagi warga kita. Terima kasih," ucap Presiden Erdogan di akun twitternya, Senin (25/1/2021).

Barakallah Presiden dan Rakyat Turki...