Fahri Hamzah: Bu Mensos Segera Tolong Gempa Majene Mamuju

[PORTAL-ISLAM.ID] Mantan Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah menyentil Menteri Sosial Tri Rismaharini alias Risma untuk tanggap cepat terhadap gempa yang menimpa Majeni dan Mamuju Sulawesi Barat.

"Bu Mensos,
Segera tolong #gempamamuju #gempamajene ...," kata Fahri Hamzah di akun twitternya, Jumat (15/1/2021). 

Gempa dengan magnitudo 6,2 mengguncang wilayah Majene hingga Mamuju, Sulawesi Barat, Jumat (15/1/2021) dini hari pukul 01:28:17 WIB.

Melansir laman resmi BMKG, episenter gempa tersebut terletak pada koordinat 2.98 LS 118.94 BT dan berada di darat 6 kilometer Timur Laut Majene.

Guncangan gempa dirasakan di Majene dalam skala intensitas IV-V di Majene, III di Palu dan II di Makasar.

Data sementara, korban jiwa sebanyak 3 orang meninggal akibat gempa. Selain itu, puluhan orang luka-luka dan ribuan warga mengungsi.

Sejumlah bangunan bertingkat di Kota Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat roboh dan rusak berat akibat gempa tersebut. Bahkan kantor Gubernur Sulbar ambruk.

"Kami semua sudah berlari ke gunung, karena bangunan berlantai tiga di lingkungan kami telah ambruk ke tanah, masyarakat takut tsunami," kata Yahya, salah seorang warga di lingkungan Kasiwa, daerah padat penduduk Kota Mamuju seperti dilansir dari Antara.

Sebelumnya, Kamis, 14 Januari 2021 pukul 13.35.49 WIB wilayah Majene, Sulawesi Barat juga diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa ini memiliki magnitudo 5,9.

#PrayForSulBar