Blusukan di Ibukota, Risma Disiapkan Untuk Pilgub DKI

Blusukan di Ibukota, Risma Disiapkan Untuk Pilgub DKI

Oleh: Erizal (Pengamat dan Praktisi Politik)

Baru saja dilantik, saya sudah memprediksi bahwa Risma (Tri Rismaharini) memang dipersiapkan, baik oleh Jokowi maupun Megawati (PDIP), untuk maju di Pilgub DKI Jakarta tahun 2022, mendatang.

Sekarang, sudah mulai terlihat buktinya. Risma yang mestinya memikirkan Kementerian Sosial yang cakupannya se-Indonesia, tapi terkesan hanya fokus di DKI Jakarta saja. Ia blusukan di Ibukota layaknya seorang kepala daerah.

Apakah salah? Tidak. Jakarta dijadikan sebagai "laboratorium" memahami persoalan sosial se-Indonesia. Masalah di Jakarta akan ditemui juga di kota lain. Tapi, Risma mantan Walikota? Ya. Hanya untuk lebih menjiwai saja.

Akan muncul perdebatan. Tentu saja. Tapi memang buat itu Risma disiapkan. Nanti juga akan "road show" ke daerah lain menjawab kritikan itu. Itu terlalu mudah bagi Risma menjawab. Malah, sebelum kritikan itu muncul.

Mensos rasa Walikota atau kepala daerah. Tak perlu terkejut, merasa aneh, atau mencak-cak tak karuan. Siapkan saja strategimu! Risma, Jokowi, dan Megawati (PDIP), agaknya sudah mempersiapkannya. Jauh hari, cukup visioner.

Artinya, Pilgub DKI Jakarta tahun 2022 hampir pasti. Apalagi DKI Jakarta adalah Daerah Istimewa. Meski semua pilkada diundur tahun 2024, bisa jadi DKI Jakarta, tetap. Di DKI masih menganut Pilkada putaran kedua kayak Pilpres.

Dan Risma agaknya, disiapkan lebih awal untuk "mematahkan" dominasi Anies Baswedan sebelum di Pilpres nanti. Gagal di DKI Jakarta masih bisa bernafas di Pilpres seperti skenario Pilpres 2019 yang "dipaksa" hanya dua pasang.[]