ISYARAT PEROMBAKAN KABINET BESAR-BESARAN

Isyarat Perombakan Kabinet Besar-besaran

- Isyarat kuat Presiden Joko Widodo akan mengumumkan perombakan kabinet besar-besaran beredar di kalangan pemerintahan dan partai pendukung.

- Jika tak ada halangan, Jokowi akan mengumumkan reshuffle kabinet ini pada Rabu (23/12/2020) lusa ini. 

- Terjeratnya Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dan Menteri Sosial Juliari Peter Batubara dalam kasus korupsi menjadi momentum Jokowi untuk melakukan reshuffle kabinet ini.

Empat sumber dari kalangan pemerintah dan partai pendukung menyatakan Jokowi telah bertemu dengan sejumlah ketua umum partai pendukung untuk membahas kocok ulang kabinet ini. Selain itu, Jokowi telah memanggil sejumlah calon menteri yang akan menduduki portofolio kementerian. “Sudah saatnya ada reshuffle. Kasus Edhy Prabowo dan Juliari menguatkan momentum,” kata sumber itu, kemarin.

Jokowi pun telah bertemu dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri pada pekan lalu. Partai ini merupakan pendukung utama dan memimpin koalisi bersama Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Persatuan Pembangunan, dan sejumlah partai nonparlemen lainnya. Selasa lalu, Jokowi juga telah memanggil Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Istana Negara untuk membicarakan perombakan kabinet.

Berikut Prediksi Nama Baru dan Yang Terlempar dari Kabinet seperti dikutip dari Koran TEMPO, Senin, 21 Desember 2020.