Dinamai Surat Al-Baqarah, Karena Menyingkap Konspirasi Pembunuhan

SURAT AL BAQARAH

Tahukah kalian asal muasal penamaan surat Al Baqarah? 

Surah ini dinamai al-Baqarah yang artinya Sapi Betina sebab di dalam surah ini terdapat kisah penyembelihan sapi betina yang diperintahkan Allah kepada Bani Israil (ayat 67-74).

Dinamai Al-Baqarah karena ada kasus konspirasi tingkat tinggi yang dilakukan masyarakat Yahudi yaitu pembunuhan. Mereka saling tuduh sana-sini hingga Allah perintahkan melalui lisan Musa alaihissalam agar yahudi menyembelih Sapi.

Tapi ya itu dasar Yahudi..kebanyakan tipu muslihat dan cari² alasan. Sehingga Allah buat mereka susah cari sapinya..

Tapi akhirnya tersingkap juga makar mereka, tatkala potongan Sapi dipukulkan ke mayit lalu si mayit bisa berbicara dan memberi persaksian siapa pembunuh sebenarnya.

وَإِذۡ قَتَلۡتُمۡ نَفۡسٗا فَٱدَّٰرَٰٔتُمۡ فِيهَاۖ وَٱللَّهُ مُخۡرِجٞ مَّا كُنتُمۡ تَكۡتُمُونَ

"Dan (ingatlah) ketika kamu membunuh seseorang, lalu kamu tuduh-menuduh tentang itu. Tetapi Allah menyingkapkan apa yang kamu sembunyikan."

Kisah ini bisa kamu tilik di surat Al Baqarah mulai ayat 67.

Kelak model-model yahudi ini akan ditiru oleh oleh kaum munafikun dari pemimpin hingga awamnya.

 سَنَنَ الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ شِبْرًا بِشِبْرٍ وَذِرَاعًا بِذِرَاعٍ حَتَّى لَوْ دَخَلُوا فِي جُحْرِ ضَبٍّ لَاتَّبَعْتُمُوهُمْ قُلْنَا يَا رَسُولَ اللَّهِ آلْيَهُودَ وَالنَّصَارَى قَالَ فَمَنْ

Sungguh, kalian benar-benar akan mengikuti kebiasaan orang-orang sebelum kalian sejengkal demi sejengkal dan sehasta demi sehasta, sehingga sekiranya mereka masuk ke dalam lubang biawak sekalipun kalian pasti akan mengikuti mereka.” Kami bertanya; “Wahai Rasulullah, apakah mereka itu kaum Yahudi dan Nasrani?” Beliau menjawab: “Siapa lagi kalau bukan mereka?” (HR Muslim)

-Joe Taslim-
Baca juga :