Presiden Erdogan Bertemu Pemimpin Hamas Ismail Haniyah di Istanbul, Dukungan Turki Begitu Kuat untuk Palestina


[PORTAL-ISLAM.ID]  ISTANBUL - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menerima kunjungan Pemimpin Hamas, Ismail Haniyah, beserta delegasi di Vahdettin Mansion di Istanbul, Sabtu, 22 Agustus 2020.

Wakil Haniyah, Saleh al-Arouri, dan kepala Badan Intelijen Turki Hakan Fidan, juga menghadiri pertemuan tersebut, menurut laporan tersebut. Laporan tersebut tidak menyebutkan topik yang dibahas selama pertemuan tersebut.

Pertemuan Erdogan dan pemimpin Hamas ini ditengah situasi panas pasca normalisasi Uni Emirat Arab (UEA) dengan Israel yang ditolak oleh semua faksi perlawanan Palestina.

Sebelumnya, dalam sebuah wawancara dengan TRT Arabi pada hari Jum'at, Pemimpin Hamas Ismail Haniyah menegaskan rakyat Palestina tidak akan pernah menyerah dengan penjajah Israel.

“Siapapun yang percaya bahwa Umat sedang melewati masa kelemahan, fragmentasi dan kekalahan serta tidak mampu menghadapi Israel adalah delusi… karena rakyat Palestina yang telah berjuang selama lebih dari satu abad belum menyerah, dan tidak akan pernah mengakui Israel,” tegasnya.

Kunjungan pemimpin dan delegasi Hamas ke Istanbul membuktikan betapa kuat dukungan Turki dibawah pimpinan Presiden Erdogan kepada Palestina.

Bahkan saat berhasil mengembalikan Hagia Shopia menjadi masjid kembali, Erdogan menegaskan merupakan satu langkah awal pembebasan Masjid Al-Aqsa.

Sumber: TRT, TRTWorld

loading...