Kalau Negara Ini Kaya...


Kalau Negara Ini Kaya...

1. Kita berikan tunjangan pulsa 1 juta utk semua PNS, aparat negara. Lantas bagaimana yang bukan? Kita kasih juga tunjangan pulsa 1 juta juga. Tua muda, kecil besar, kaya miskin, dapat semua. Tiap bulan, langsung masuk ke HP masing2.

2. Kita berikan tunjangan akses nonton Netflix, Disney+, dan semua penyedia streaming lainnya. Kasih paket paling ultimate. Semua dapat. PNS, karyawan BUMN, dll juga dapat, tenang, jika mereka nonton atau main internet pas kerja, tidak masalah. Negara ini kaya.

3. Kita berikan skin care untuk seluruh rakyat. Termasuk Bambang, Agus, Joko, dikasih. Mereka juga berhak dapat. Kata siapa cowok tidak boleh suka skin care. Apalagi cowok2 yg suka selfie, posting foto tiap hari, dikasih semua.

4. Kita berikan tunjangan kendaraan. Semua rakyat dapat mobil mewah seharga 500 juta. Juga motor seharga 50 juta. Semua dapat. Lantas bagaimana kalau nanti jalanan penuh dengan kendaraan? Astaga! Dasar miskin, elu tahu, negara ini kaya, nanti jalanan dibuat tingkat enam, delapan, terserah kek.

5. Kita berikan tunjangan sembako dan bumbu dapur. Semua dapat. Beras, kualitas nomor satu. Telur, tentu bukan yang busuk. Bawang, cabe, kunyit, lengkuas, semua dikasih. Termasuk yang jarang masak, dikasih.

6. Kita berikan pupuk ke semua petani. Juga ke PNS, karyawan BUMN, sopir, tukang ojek. Kasih semua pupuk. Negara ini kaya, maka satu dapat, semua dapat, tidak terkecuali. Bahkan dokter, akuntan, lawyer, dapat pupuk semua. Terserah mau dibuat apa.

7. Kita berikan tunjangan nginep di hotel bintang lima. Setiap orang berhak nginep di sana 52 hari dalam setahun. Gratis. Juga tiket pesawat terbang kemanapun mereka hendak pergi. Dikasih 7 tiket PP. Semua dapat. Negara ini kaya gitu loh

8. Kita berikan tunjangan 'bolos'. Ini jenius sekali. Karena negara ini kaya, buat apa sih maksa rakyatnya kerja lagi? Maka jika mereka mau bolos rapat online, bagus. Jika mereka di kantor cuma tidur2an, nggak jelas, bagus. Bahkan itu masuk KPI. Prestasi.

9. Kita berikan tunjangan 'jomblo'. Ini juga brilian sekali. Barangsiapa yang masih jomblo dikasih tunjangan sekian puluh juta, buat penghibur hati yang lara. Tidak adil? Adil dong, yang sudah menikah dan punya pasangan, juga dikasih sekian puluh juta. Namanya juga negara kaya, semua dapat.

10. Kita berikan tunjangan 'order makanan online'. Semua rakyat Indonesia berhak memesan makanan 52 kali dalam setahun. Bebas mau pesan apa saja, dibayar negara. Lantas bagaimana dengan yang tidak punya HP? Duuh, dasar miskin, kita kasih juga HP-nya dong. Semua dapat. Itu satu paket dengan nomor 1 di atas, tunjangan pulsa, plus HP harga 15 juta. Termasuk training biar bisa main HP.

11. Kita berikan tunjangan laptop. Ini juga penting. Semua orang harus dapat laptop. PNS dapat 2 laptop, karyawan BUMN, karyawan lain2, dapat 2. Rakyat biasa juga dapat 2. Semua dapat 2. Kok dapat 2? Lah, negara kaya, terserah dong mau dikasih berapa.

12. Kita berikan tunjangan 'mengeluh'. Saking kaya-nya negara ini, siapapun yang mengeluh dapat tunjangan. 'Wah hujan nih." Langsung dikasih tunjangan anti hujan. 'Aduh saya lembur nih.' Langsung, dikasih tunjangan anti lembur. 'Hidup saya kok susah banget', Otomatis, dikasih tunjangan anti susah hidup.

13. Kita berikan tunjangan 'fans'. Apa maksudnya? Jika kamu nge-fans sama k-pop, kamu bisa nonton konser gratis. Jika kamu suka bola, kamu bisa nonton langsung di stadionnya sana. Apa kesukaanmu, fans apa, dikasih tunjangannya. Yg suka main mobil legend, CoC, dikasih tunjangan sekian puluh juta, buat beli apa saja. Wah, pemain2 dari negara kita ditakuti seluruh dunia.

14. Kita berikan tunjangan 'mager'. Siapapun yang malas ngapa-ngapain, cuma mager di kasur, sofa, rumah, dapat tunjangan. Bahkan tunjangan klik-klik, scroll-scroll, dikasih. Semakin lama dia cuma mager, tidak produktif, dikasih tunjangan.

15. Kita berikan tunjangan kesehatan. Apa-apaan itu iuran kesehatan. Hello, negara ini kaya, semua dikasih uang malah. Datang berobat ke dokter, pulang dikasih uang 10 juta. Bahkan cuma ngeluh ke dokter bilang sakit panu, dikasih 20 juta. 10 juta tunjangan kesehatannya, 10 juta lain tunjangan ngeluhnya.

Pada akhirnya, jika negara ini kaya, apapun bisa dilakukan. Bebas. Namanya juga kaya. Dan jangan ada yang dengki. Duuh, orang kaya terserah dong. Memangnya kayak negara kamu, miskin.

Kamu tahu nggak, sejak tahun 2014, setiap hari hutang negara kamu itu nambah 1 trilyun. Dan sejak pandemi (Feb-Juli), setiap hari bertambah 2 trilyun. Itu artinya setiap matahari terbenam, hutang negaramu itu sudah nambah 2 trilyun. Tahu tidak?

Miskin kok pengennya banyak. Ngutang kok mau bergaya.

(By Tere Liye, penulis novel Negeri Para Bedebah)


loading...