Rizal Ramli: Era Pura-pura Merakyat Masuk Gorong-gorong Sudah Berakhir, Era Baru Akan Datang


[PORTAL-ISLAM.ID] JAKARTA - Mantan Menteri Koordinator Perekonomian, Rizal Ramli kembali memberikan sindiran keras ke Presiden Joko Widodo. Melalui unggahan terbarunya di Twitter ia menyoal masalah kepemimpinan.

Menurutnya, kecenderungan rakyat Indonesia dalam memilih pemimpin berbeda-beda setiap zamannya. Terkadang rakyat butuh pemimpin yang tegas, gagah, dan berwibawa seperti Bung Karno di era awal kemerdekaan.

Tidak hanya suka pemimpin yang gagah, acapkali rakyat juga senang dengan mereka yang merakyat. Seperti Presiden Joko Widodo yang fenomenal sebagai pemimpin merakyat.

Bahkan sempat viral saat dia turun langsung ke dalam gorong-gorong mengecek saluran air di ibukota.

“Ada masa, suka yang gagah dan berwibawa. Kemudian ada masa, suka yang merakyat, masuk gorong-gorong, dan cium kaki,” tulis Rizal Ramli di akun Twitternya dikutip, Senin (6/7/2020).

Namun demikian, ekonom senior itu mengingatkan publik agar tidak lagi terkecoh dengan gaya merakyat. Sebab gaya yang demikian belum tentu berbanding lurus dengan kebijakan pro rakyat.

“Gayanya doang merakyat. Tapi kebijakan tidak pro-rakyat. Masalah bukan selesai, malah dibikin ribet dan KKN semakin subur,” ujarnya.

Rizal Ramli mengatakan bahwa gaya yang demikian sudah tidak lagi disenangi rakyat. Rakyat kini butuh gaya kepemimpinan nasional yang baru.

“Era “pura-pura merakyat” sudah berakhir. Era baru akan datang,” tutupnya.
loading...