Menhan Prabowo Kembali Kunjungi Turki Bahas Kerja Sama Industri Pertahanan

Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto (kiri) dan Presiden Industri Pertahanan Turki Ismail Demir (kanan) di Ankara. (Akun Twitter Ismail Demir - Anadolu Agency)

[PORTAL-ISLAM.ID]  Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto melakukan kunjungan kerja ke Turki untuk membahas kerja sama pertahanan.

Mengutip akun Twitter resmi Presiden Industri Pertahanan Turki Ismail Demir, Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto dan delegasi bertemu Ismail, pada Rabu (22/7/2020).

Dalam pertemuan tersebut, Ismail Demir mengaku bertukar pandangan mengenai kerja sama alat utama sistem persenjataan (alutsista), di antaranya pesawat tanpa awak atau UAV, kapal, dan kendaraan tempur.

Juru Bicara Menteri Pertahanan Indonesia Dahnil Anzar Simanjuntak dan Duta Besar Indonesia untuk Turki Lalu Muhammad Iqbal belum memberikan konfirmasi tentang kunjungan tersebut dan agenda Menhan Prabowo Subianto di Turki.

Sebelumnya, Indonesia dan Turki telah sukses melakukan kerja sama pengembangan alutsista jenis medium tank.

Kerja sama ini dilakukan antara Pindad Indonesia dan FNSS Turki.

Kedua perusahaan itu sepakat menandatangani kerja sama pembuatan purwarupa medium tank pada 2015 lalu. Perancangan tank ini dimulai Februari 2016.

Setelah selesai diproduksi di Turki, medium tank ini diberi nama Kaplan MT.

Kaplan MT sempat dikirim ke Indonesia dan dipamerkan pada hari ulang tahun TNI 5 Oktober 2017 lalu di Cilegon, Banten.

Indonesia pun memberi nama Harimau Medium Tank.

Tank ini dilengkapi dengan two-man turret kaliber 105 mm serta senapan mesin kaliber 7,62 mm.

Harimau Medium Tank didesain khusus untuk daerah operasi tropis seperti hutan karena memiliki bobot yang lebih ringan dari Main Battle Tank.

Ini adalah kunjungan kedua Menhan Prabowo ke Turki.


Sebelumnya, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berkunjung ke Turki pada 27-29 November 2019 dan diterima langsung Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Selain didampingi oleh Duta Besar RI untuk Republik Turki, pertemuan dengan Presiden Erdogan juga dihadiri Menhan Turki, Hulusi Akar dan Ketua Presidensi Industri Pertahanan, Ismail Demir. Pertemuan itu mendiskusikan sejumlah aspek kerja sama di bidang pertahanan.

Sumber: Anadolu

loading...