Langkah "Gila" Erdogan, Mengembalikan Hagia Sophia Menjadi Masjid


[PORTAL-ISLAM.ID] Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah memerintahkan untuk mengubah Hagia Sophia kembali menjadi masjid. Perintah Erdogan disampaikan setelah sebelumnya pengadilan tinggi Turki mencabut status museum yang disematkan kepada Hagia Sophia.

Perintah presiden Erdogan itu disampaikan lewat sebuah dekrit yang dikeluarkan hari Jumat, 10 Juli 2020. Lewat dekrit itu pengurusan Hagia Sophia tak lagi di bawah Menteri Kebudayaan, namun di Kementerian Urusan Agama.

Pengadilan tinggi Turki memutuskan pada Jumat, 10 Juli 2020 bahwa konversi Hagia Sophia menjadi museum pada 1934 adalah melanggar hukum. Putusan pengadilan itu membatalkan keputusan kabinet Turki tahun 1934, yang dipimpin tokoh sekuler Mustafa Kemal Ataturk.

Dekrit perubahan Hagia Shopia menjadi masjid diunggah di akun twitter Presiden Erdogan.

Dekrit Presiden Turki

Karena Mahkamah Agung Turki telah membatalkan keputusan kabinet pemerintah Turki pada tahub 1934 terkait perubahan Aya Sophia menjadi Museum, maka kami memutuskan bahwa manajemen Masjid Aya Sophia diserahkan kepada Direktorat Urusan Agama untuk dibuka kembali sebagai Masjid. 

10 Juli 2020

Recep Tayyip Erdogan
Presiden Turki

Pengamat internasional, Herriy Cahyadi menyebut langkah Erdogan mengembalikan Hagia Shopia menjadi masjid ini sebagai langkah 'gila' dan berani.

"Ini adalah langkah gila dan berani dari @RTErdogan dkk. Ini adalah 75% dari proyek re-Islamisasi Turki. Langkah legal, sabar, dan penuh perhitungan. Ciri khas Erdogan yg sangat berbeda dg org-org Islamis lainnya. Hayirlisi Türkiye!" kata Herriy Cahyadi di akun twitternya.

Kenapa disebut langkah gila dan berani?

Herriy Cahyadi yang kini tengah menempuh studi doktoral di Turki itu menguraikan:

- Masjid Hagia Shopia adalah tuntutan dari banyak kelompok di Turki, terutama dari kelompok Islamis di Saadet Partisi. Mereka selama ini terang-terangan memusuhi Erdogan.

- Museum Hagia Shopia itu selama ini menjadi pemasukan terbesar dari turisme Turki. Tiket masuknya mahal, 150-250 ribu sekali masuk tergantung kurs. Lihat gimana Erdogan tak mementingkan ekonomi-parwisata ketimbang ambisinya. Hagia Shopia jadi masjid maka sekarang masuk menjadi gratis. Hilang itu income terbesar dari lingkaran emas historis Istanbul.

- Selama ini, Hagia Shopia hanya relay azan sahut-sahutan dengan Blue Mosque. Dulu saya heran, kok di menara Hagia Shopia ada speaker dan azan juga meski itu masih menjadi museum. Saya baru sadar dulu, itu adalah langkah-langkah kecil untuk memberikan nuansa kemasjidan. Saya pikir: ini orang (Erodgan) memang taktis.

- Bersyukurlah kalian nanti yang mau jalan-jalan ke Istanbul ga perlu bayar lagi untuk masuk. Cukup shalat dan bisa lihat kemegahan bangunan Hagia Shopia eks gereja Byzantium ini. Memang magnificent! Blue Mosque dibuat untuk menandinginya.

(Dari twit @herricahyadi)

DULU untuk masuk Hagia Shopia ambil KARCIS dulu..
SEKARANG untuk masuk Hagia Shopia ambil WUDHU dulu..

MASYA ALLAH....
Baca juga :