Gli, Kucing Penjaga Setia Hagia Shopia, Dari Museum ke Masjid


Gli

Siapakah yang berani 'i'tikaf' sambil rebahan untuk pertama kalinya di karpet baru Masjid Hagia Shopia? karpet hijau tosca warna kebesaran imperium Turki Utsmani?

Tepat sekali: Gli.

Gli adalah nama kucing yang setia "menjaga" Aya Sofyaa/Hagia Sophia selama belasan tahun.

Gli menjadi lebih populer ketika Perdana Menteri Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengelusnya saat melakukan kunjungan ke Hagia Sophia.

Gli yang berarti 'persatuan dalam cinta' adalah kucing betina berbulu abu-abu berjenis European Shorthair itu disebut sudah bermukim di Hagia Sophia sejak 14 tahun yang lalu.

Jangan kaget bahwa dirinya memiliki akun Instagram yang memuat foto dan cerita tentang dirinya bermana @hagiasophiacat yang diikuti 48 ribu orang.

"Kucing ini benar-benar suka berpose," kata pemandu wisata Umut Bahceci yang membuatkan akun instagram @hagiasophiacat.

Umut mengatakan mencari Gli sangat mudah. Jika sedang ingin difoto dan bermain, kucing bertina ini akan berdiri di dekat pondok Muezzin. Namun jika sudah lelah atau malas bermain, Gli biasa akan duduk di tengah lantai marmer opmphalos.

Omphalos merupakan lantai para ksatria Byzantine dinobatkan, jadi tidak boleh ada turis yang melewati garis pembatas lantai omphalos.

Umut mengatakan Gli juga biasa memiliki tempat 'nongkrong' yang berbeda menyesuaikan musim. Di musim dingin Gli berdiri dekat cahaya proyektor, altar, dan mimbar dengan suhu yang hangat.

Kucing Gli diketahui lahir pada 2004, dengan dua saudra kucing lain bernama Pati dan Kizim. Pati sudah meninggal, sedangkan Kizim juga dapat ditemui di daerah ruang terbuka Hagia Sophia.

Hari ini, hari pertama Hagia Sophia kembali difungsikan sebagai Masjid, setelah bertahun-tahun jadi museum, ditandai dengan sholat jum'at perdana, dan Gli akan tetap bertugas disana.

“Hagia Sophia has been opened for worship as a mosque. Currently there is no work on relocating Gli. Gli will continue to live where he was born and grew up.”