Anies, The Real Leader


Anies, The Real  Leader

Oleh: Naniek S Deyang

Saya menulis ini tidak dalam rangka menyanjung Anies atau memframing Anies, tapi apa yang sama mau tulis ini adalah fakta dari yang saya lihat di lapangan.

Hobi saya yang utama dalam hidup ini adalah blusukan, ke pasar dan berkumpul dengan orang susah, sehingga saya tau apa yang sebenarnya terjadi.

Saya hanya mau katakan, Anies itu sosok pemimpin yang MUMPUNI dan EFEKTIF. Mumpuni karena dia bisa bergerak dengan cepat dan tepat. Efektif karena omongannya didengarkan rakyat dan rakyat menjalankan instruksinya. Mengapa rakyat mendengarkan dan menjalankan perintahnya? Karena rakyat percaya pada Anies.

Saya baru "ngeh" hanya di medsos saja ternyata Anies itu diberisikin, namun di dunia nyata rakyat sangat patuh dengan aturan Pemda DKI.

Saya keliling ke Jatim, Jateng, Jabar dan DKI, hampir semua pasar di kelas apapun saya masukin. Dan saya menemukan yang luar biasa di DKI, semua pedagang dan karyawannya mau di pasar kecil sampai di pasar grosir MEMAKAI MASKER. Bahkan di pusat-pusat grosir pedagang melarang pembeli masuk bila tidak memakai masker, dan suhu tubuh diatas 37 derajat.

Selain masker, pedagang di Pasar-Pasar DKI juga sudah mematuhi aturan Pemda DKI untuk tidak lagi menggunakan kantong plastik. Jadi kalau mau belanja di pasar-pasar di DKI anda harus bawa kantong sendiri.

Nah paradoks dengan DKI, di daerah lain di luar DKI saya melihat pedagang jarang yang memakai masker, termasuk pembelinya.

Di  wilayah Jakarta di luar pasar, kita melihat rakyat-rakyat di jalan, di kantor dan dimana pun memakai masker, bandingkan di daerah lain, masih banyak rakyat di jalan, di kantor-kantor bahkan di instansi pemerintahan tidak memakai masker.

Jadi saya melihat DKI ini luar biasa sukses, perekonomian menggeliat, namun kepatuhan warganya juga luar biasa. Bravo Anies, The Real  Leader!

[fb]
Saya menulis ini tidak dalam rangka menyanjung Anies atau memframing Anies, tapi apa yg sama mau tulis ini adalah fakta...
Dikirim oleh Naniek S Deyang pada Selasa, 28 Juli 2020