TKA China Gelombang Kedua Dijadwalkan Tiba Hari Ini


[PORTAL-ISLAM.ID]  Gelombang kedua tenaga kerja asing (TKA) China akan tiba di Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), hari ini, Selasa (30/6/2020).

Sama seperti sebelumnya, para TKA asal Tiongkok ini akan menggunakan pesawat carteran dari China menuju Indonesia dan mendarat di Bandar Udara Haluoleo Kendari. Mereka akan bekerja untuk PT PT Virtue Dragon Nickel Indistry (VDNI) dan PT OSS.

"Sesuai jadwal besok (hari ini -red) tiba gelombang kedua. Kemarin sudah disampaikan oleh kepala imigrasi," kata Eksternal Affairs Manager PT VDNI Indrayanto saat dihubungi CNNIndonesia.com, Senin (29/6).

Indra belum bisa memastikan jumlah TKA  China gelombang kedua itu. Kata dia, jumlah TKA yang didatangkan tergantung kondisi kesehatan setelah menjalani karantina di daerah asalnya.

"Saya belum dapat rilisnya itu dari Jakarta. Besok siang baru bisa dipastikan berapa orangnya," ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Imigrasi Kelas IA Kendari Hajar Aswad berujar kepada beberapa media bahwa ada 105 TKA China yang akan didatangkan pada gelombang kedua ini.

Namun saat CNNIndonesia.com memastikan informasi itu, Hajar tak mengangkat teleponnya. Ia juga tak membalas pesan WhatsApp dan menolak bertemu jurnalis saat didatangi di kantornya.

Menurut Indrayanto, TKA yang datang pada gelombang kedua ini akan bekerja pada pembangunan jaringan smelter 33 tungku di PT VDNI dan PT Obsidian Stainless Steel (OSS) di Mega-Industri Morosi Kabupaten Konawe.

Indra juga memastikan, TKA yang datang pada gelombang kedua ini telah mengantongi izin dari Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi termasuk soal visa kerja 312.

"Sudah klir itu visa mereka. Termasuk keahliannya," jelasnya.

Sumber: CNN Indonesia

***

Baca: Serbuan TKA China Gelombang ke Dua di Kendari Bakal Dihadang Ribuan Massa

Baca juga :