Mengapa PERTANIAN THAILAND Maju Pesat, Sementara INDONESIA Terpuruk (Impor)


MENGAPA PERTANIAN THAILAND MAJU PESAT

Raja Thailand Bhumibol Adulyadej tidak hanya Hobi Pertanian tapi juga Peneliti Yang Mumpuni di bidang bibit unggul dan menjadi Raja sangat lama dari tahun 1946 sampai 2016. Selama 70 tahun beliau melakukan Riset & Praktek di bidang Bibit Unggul kemudian diikuti jajaran di seluruh penjuru negeri, politik bisa berbeda beda tapi di bidang pertanian semua mengikuti titah Raja sehingga muncul berbagai jenis Bibit Unggul: Jambu Bangkok, Ayam Bangkok, Durian Bangkok, Perkutut Bangkok, Jeruk Bangkok, Pepaya Bangkok, Mangga Bangkok, tidak semua hasil riset raja tapi semua lembaga riset dan departemen terkait mengikuti Titah Raja.

Dampaknya luar biasa 60% penduduk Thailand bergerak di bidang Agro Industri dengan export pangan tersebar seluruh penjuru dunia.

Sebaliknya Indonesia memiliki kekayaan Biodiversitas Pertanian yang tinggi tapi negara dan peneliti kurang peka untuk menjadikan Komoditi Pertanian sebagai unggulan untuk di-export, masih berfikir lebih mudah impor, ini penyakit yang harus kita benahi bersama, salah kita semua.

(Prof. Achsin U. Choliq)

___
*Referensi:

King Bhumibol Adulyadej- More than Just a King
https://medium.com/@Genius50/king-bhumibol-adulyadej-more-than-just-a-king-cc062110dd12
Baca juga :