Heli TNI-AD Jatuh di Kendal, 4 Orang Prajurit Tewas


[PORTAL-ISLAM.ID]  Empat orang penumpang yang merupakan prajurit AD tewas dalam kecelakaan jatuhnya Helikopter MI 17 v 5 HA 5141 milik Penerbad TNI AD. Kecelakaan itu terjadi pada siang ini, 6 Juni 2020, di area Kawasan Industri Kendal, Jawa Tengah.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Jawa Tengah Komisaris Besar Iskandar Fitriana mengatakan lima orang penumpang lainnya sudah dievakuasi ke RSUD Soewondo Kendal.

"Semua sudah dievakuasi," ujar Iskandar saat dikonfirmasi pada Sabtu, 6 Juni 2020.

Berdasarkan keterangan dari saksi yang melihat kejadian, helikopter mengalami oleng pada saat terbang menuju ke arah barat. Helikopter pun sempat mengeluarkan asap.

"Sebelum jatuh, ada tiga orang lompat, dan sesaat kemudian pesawat jatuh keluar asap dan selanjutnya meledak," kata Iskandar.

Helikopter jenis Mi 17 V5 HA 5141 milik TNI Angkatan Darat yang jatuh di Desa Wonorejo, Kaliwungu Kabupaten Kendal, Sabtu (6/6) tengah melaksanakan misi latihan terbang di Pusat Pendidikan Penerbang AD, Semarang, Jawa Tengah, sebagai bagian dari program Pendidikan Calon Perwira Penerbang 1.

Demikian disampaikan oleh Kadispenad Brigjen Nefra Firdaus dalam keterangan resminya, Sabtu sore (6/6).

“Helikopter dinyatakan dalam kondisi baik sebelum terbang, karena saat dilaksanakan Pre-flight Check tidak ditemukan hal-hal menonjol,” kata Nefra.

Kondisi heli dalam keadaan baik ditunjukkan saat misi terbang  endurance pertama yang berjalan lancar.

Nefra menjelaskan, pada saat heli melakukan misi penerbangan endurance kedua dengan materi terbang Tactical Manuver, heli yang ditumpangi oleh sembilan orang prajurit itu jatuh di kawasan industri Kendal, Kaliwungu, Kecamatan Kendal, Jawa Tengah.

“Penyebab jatuh-nya Helikopter MI-17 TNI AD masih dalam proses investigasi,” papar Nefra.

Akibat peristiwa ini, Empat orang prajurit yakni Kapten Cpn Kadek, Kapten Cpn Fredi, Kapten Cpn Y Hendro dan Lettu Cpn Wisnu tewas. Sementara Lettu Cpn Vura Yudha, Praka Nanang, Praka Rofiq, Praka Supriyanto dan Praka Andi K mengalami luka bakar di tubuh mereka.

[Video]
loading...