dr. Aman Ketua IDAI: Saya tidak setuju anak masuk sekolah saat ini, bakal ada 1 juta yang meninggal


[PORTAL-ISLAM.ID]  dr. Aman Bhakti Pulungan, MD, PhD, FAAP adalah dokter spesialis anak dengan minat khusus pada hormon anak. Ia menjabat sebagai Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).

Di acara bincang dengan topik 'NASIB PENDIDIKAN DI MASA PANDEMI' di tvOne, Senin (1/6/2020), dr. Aman mengingatkan dengan keras tentang resiko tinggi dibukanya kembali sekolah di saat pandemi belum mereda.

Ada resiko 1 juta anak akan mati dengan Herd Immunity.

"Sampai kita mempunyai data yang sangat baik dengan jumlah pemeriksaan yang sudah cukup banyak. Anak juga tidak gampang di tes PCR (tes covid-19). Kalau anak-anak berkumpul juga feses-nya juga bisa menularkan," kata dr. Aman.

"Kalau 60 juta anak ini akan sekolah, kalau dengan Herd Immunity, dibutuhkan 50% anak yang sakit. Jadi berarti 30 juta anak yang akan sakit. Pertanyaan saya, anak siapa yang akan sakit 30 juta ini? Setelah itu dari 30 juta anak yang sakit, dengan tingkat mortalitas rata-rata 3-4%, jadi akan ada 1 juta anak yang meninggal. Saya tidak setuju! Bagi kami dokter anak Indonesia, satu anak pun meninggal tidak boleh," tegas dr. Aman.

Selengkapnya video:

loading...