Terungkap, Gugus Tugas Covid-19 Tak Dilibatkan Bikin Kajian Pemulihan Ekonomi


[PORTAL-ISLAM.ID]  Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Achmad Yurianto mengatakan, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 tidak dilibatkan dalam pembuatan kajian awal pembukaan fasilitas publik untuk pemulihan ekonomi dari pandemi Covid-19 oleh Kementerian Koordinator (Kemenko) Perekonomian.

Oleh karena itu, Yuri enggan berkomentar banyak mengenai kajian tersebut.

“Orang Kemenko juga enggak bikin rencananya sama kita kok (Gugus Tugas),” kata Yuri, Sabtu 9 Mei 2020.

Ia mengatakan, kajian itu belum dikomunikasikan antar-kementerian dan lembaga. Ia menilai kajian itu hanya sebatas pendapat satu kementerian dan belum menjadi rencana.

“Itu masih pendapat kan itu. Itu masih pendapat, bukan rencana,” ucapnya.

Diketahui, foto skenario pemulihan ekonomi Indonesia beredar luas dan diperbincangkan di jagat maya.

Kementerian Koordinator Perekonomian menyampaikan, foto yang beredar luas tersebut merupakan bagian dari kajian awal pemerintah dalam menentukan kebijakan pemulihan ekonomi dari pandemi Covid-19.

“Yang beredar di masyarakat tersebut merupakan kajian awal Kemenko Perekonomian, yang selama ini secara intens melakukan kajian dan kebijakan pemerintah menjelang, selama, dan pasca-pandemi Covid-19,” kata Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono dalam keterangan tertulis, Jakarta, Kamis 7 Mei 2020.

loading...