Survei: Orang Lebih Percaya Gubernur Dibanding Presiden Dalam Penanganan Wabah Corona


[PORTAL-ISLAM.ID] Kepemimpinan Presiden Donald Trump sangat diragukan dan dipandang sebelah mata oleh orang Amerika itu sendiri.

Pasalnya, dalam sebuah jajak pendapat yang dilakukan oleh para peneliti di Universitas Harvard, Northeastern, dan Rutgers, sebagian besar orang cenderung memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi terhadap pemerintahan negara bagian dan daerah, dibanding pemerintah federal.

Jajak pendapat tersebut dilakukan pada lebih dari 22.000 responden di 50 negara bagian yang dilakukan pada 17 hingga 26 April.

Secara keseluruhan, 44 persen responden menyetujui penanganan Trump terhadap wabah, sementara 40 persen lainnya tidak setuju, seperti dilansir The Hill.

Tetapi, ketika dibandingkan, responden lebih setuju dengan tanggapan gubernur mereka, di bandingkan yang dilakukan oleh Trump.

Kesenjangan yang paling terlihat dalam jajak pendapat tersebut terjadi di Massachusetts dan Maryland. Di kedua negara bagian tersebut, Gubernur Charlie Baker dan Gubernur Larry Hogan yang keduanya berasal dari Partai Republik mendapatkan persetujuan publik sebanyak 80 persen. Angka tersebut jauh dari 38 persen untuk persetujuan tanggapan Trump.

"Gubernur adalah orang-orang yang terlihat di pucuk pimpinan, lebih dari Gedung Putih," ujar profesor kebijakan publik Harvard, Matthew Baum.

Sementara itu di Ohio, sebanyak 83 persen responden setuju dengan tanggapan Gubernur Mike DeWine yang merupakan sayap kanan, dengan 51 persen responsen juga setuju dengan tanggapan Trump.

Di Kentucky, 81 persen menyukai pekerjaan yang dilakukan Gubernur Andy Beshear dari Partai Demokrat, dibandingkan dengan 51 persen yang mengatakan hal yang sama tentang Trump.

Gubernur di California, Delaware, Indiana, Maine, Minnesota, New Hampshire, New York, Rhode Island, Vermont, Washington dan Virginia Barat semuanya mencatat peringkat persetujuan pada angka 70-an persen.

Hanya dua gubernur yang mendapatkan tingkat persetujuan di bawah 50 persen, yaitu Gubernur Hawaii, David Ige dari Partai Demokrat dan Gubernur South Dakota, Kristi Noem dari Partai Republik. Kendati kecil, tingkat persetujuan keduanya tetap di atas Trump.

Peringkat persetujuan terendah untuk tanggapan Trump ada di Distrik Columbia dengan hanya 28 persen.


Pada dasarnya, lebih dari 90 persen responden mengatakan mereka agak atau sangat setuju aturan meminta orang untuk tinggal di rumah, membatasi perjalanan internasional dan menutup sekolah.

Sebanyak 83 persen juga setuju untuk menutup bisnis, kecuali beberapa bisnis penting.

Selain membandingkan tingkat kepercayaan antara pemerintah federal dan negara bagian, survei tersebut juga melihat bagaimana kepercayaan publik antara pemerintah dan ahli kesehatan mengenai tanggapan wabah.

Hasilnya, sebanyak 89 persen lebih mempercayai Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) dan 51 persen mempercayai pemerintahan Trump. [RMOL]

___
*NB: Data per 1 Mei 2020 dari WorldMeters, jumlah kasus covid-19 di AS mencapai 1.095.210, dengan tingkat kematian mencapai 63.861 orang.


Baca juga :