SURVEI CORONA ANIES VS JOKOWI


SURVEI CORONA ANIES VS JOKOWI 

1. Survei dari Lembaga Kajian Strategi dan Pembangunan (LKSP) menyebutkan, mayoritas warga DKI Jakarta merasa puas dengan penanganan Covid-19 yang dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Survei ini melibatkan 886 responden secara acak di seluruh 44 kecamatan di DKI Jakarta.

Direktur LKSP Astriana B Sinaga mengatakan, hasil survei itu menyatakan, 80,70% responden merasa puas, sementara 19,30 persen responden, merasa tidak puas dengan penanganan Covid-19.

2. Lembaga Survei Indobarometer merilis survei mengenai kinerja pemerintah dalam penanganan wabah virus Covid-19. Dalam survei yang bekerja sama dengan RRI tersebut diketahui 53,8% warga tidak puas dengan cara pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin dalam menangani wabah Covid-19. Sementara itu yang menyatakan puas mencapai 46%.

Direktur Eksekutif Indobarometer M. Qodari mengungkapkan ada beberapa alasan mengapa mayoritas warga tidak puas dengan cara Jokowi menangani wabah Covid-19. Pertama, masyarakat menilai kebijakan Jokowi tidak konsisten. Alasan kedua, pemerintah dianggap lambat dalam mendistribusikan bantuan sosial. Ketiga, data penerima bantuan juga tidak akurat. Kemudian alasan keempat masyarakat menilai penanganan secara umum lambat.

Beberapa alasan lain mengapa masyarakat tidak puas yaitu kebijakan pemerintah dan pembantunya sering berbeda. Kemudian, banyak aturan dilanggar. Ada pula yang menilai penerapan PSBB tidak serius. 

Dari siaran pers yang diterima pada Selasa (26/5/2020), survei dilakukan pada 12-18 Mei 2020 di 7 provinsi besar di Indonesia, yakni Jawa Tengah, Jawa Timur, DKI Jakarta, Banten, Sumatera Utara, dan Sulawesi Selatan.

*Referensi:
https://www.wartaekonomi.co.id/read283849/salut-8070-warga-jakarta-puas-dengan-cara-anies-tangani-wabah-corona
https://mediaindonesia.com/read/detail/315907-mayoritas-warga-tak-puas-dengan-cara-jokowi-tangani-covid-19

(By Akhmad Danial)

loading...