Pemprov DKI Berhasil Kumpulkan Lebih dari 250 Ribu Komitmen Bantuan "Dari Warga Untuk Warga" via KSBB


[PORTAL-ISLAM.ID]  JAKARTA - Sejak diluncurkan pada 1 Mei lalu oleh Gubernur Anies Baswedan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah mengumpulkan lebih dari 250.000 komitmen bantuan dalam berbagai bentuk untuk penanggulangan Covid-19.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Dwi Oktavia mengatakan bantuan tersebut berasal dari program Kolaborasi Sosial Berskala Besar atau KSBB.

Adapun, lanjutnya, kolaborator yang telah bergabung mencapai 142 kolaborator.

"Dengan kolaborasi sosial berskala besar di bulan Ramadan, masyarakat dapat memberikan bantuan [seperti] bahan pokok, makanan siap saji, hingga uang tunai," katanya pada konferensi pers jarak jauh, Selasa (12/5/2020), seperti dilansir JakartaBisnis.

Dwi mendata hingga pukul 12.000 WIB kemarin, kelompok kerja KSBB telah mengumpulkan komitmen paket sembako sebanyak 157.828 unit, makanan siap saji sebanyak 81.740, kebutuhan Lebaran sebanyak 12.094 unit, dan tunjangan hari raya (THR) sebanyak 511 unit.

Di samping itu, Dwi mendata ada 55 rukun warga (RW) terdampak wabah Covid-19.

Menurutnya, pihaknya telah memenuhi kebutuhan 26 RW terdampak Covid-19 dari bantuan yang terkumpul oleh kelompok kerja KSBB.

Diberitakan sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak masyarakat saling membantu kepada yang membutuhkan lewat program Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB). KSBB dimaksudkan untuk mengatasi dampak virus Corona (COVID-19).

"Seiring dengan datangnya bulan suci Ramadhan, ⁣⁣Pemprov DKI Jakarta mengajak masyarakat untuk bahu-membahu membantu sesama yang membutuhkan, dalam program Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB) dalam rangka mengatasi pandemik COVID-19, khususnya di Provinsi DKI Jakarta," ujar Anies lewat akun Instagram, Jumat (1/5/2020).

Apa itu KSBB? Anies mengatakan bahwa ini adalah program kolaborasi sosial dari warga untuk warga lainnya yang membutuhkan, dengan Pemprov DKI Jakarta sebagai fasilitator program.

Ada 4 fokus utama program KSBB, yakni:

1. Paket Makanan Siap Saji Pagi-Malam⁣⁣
2. Paket Sembako⁣⁣
3. Paket Lebaran⁣⁣
4. Paket THR uang tunai⁣⁣

"Pendistribusian akan dilakukan secara merata untuk RW rentan, Pesantren, Panti Sosial Asuhan Anak, Panti Sosial bagi Lanjut Usia, Panti Sosial Disabilitas dan Lokasi Prioritas Potensial lainnya di Provinsi DKI Jakarta," jelas Anies.

Dalam posting-annya, Anies menjelaskan, informasi lebih lanjut perihal KSBB dapat diakses pada laman https://corona.jakarta.go.id/id/ksbb atau dapat menghubungi chat center ke nomor +6281196000196, +6281196000197, atau +628118438899⁣⁣.

loading...