BLUNDER LAGI... Mahfud Md Samakan Corona Seperti Istri, Solidaritas Perempuan Protes


[PORTAL-ISLAM.ID]  Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyedot perhatian publik ketika menganalogikan Covid-19 dengan sosok seorang istri yang tak bisa ditaklukkan. Bukan hanya dikomentari warganet, pernyataan Mahfud itu juga dikecam oleh Solidaritas Perempuan.

Solidaritas Perempuan menilai pernyataan yang diungkapkan Mahfud tersebut bukan hanya mencerminkan dangkalnya daya pikir pemerintah dalam penanganan virus corona (Covid-19), akan tetapi juga memperlihatkan pola pikir pejabat publik yang seksis dan misoginis.

"Tak hanya itu, menyamakan corona dengan perempuan atau isteri, juga menunjukan cara pikir patriarkis yang melihat perempuan sebagai objek, bukan sebagai subjek dan manusia secara utuh," demikian Solidaritas Perempuan melalui keterangan tertulisnya, Rabu (27/5/2020).

"Perempuan dianggap sebagai liyan (the other), atau the second sex, sehingga memiliki kedudukan yang tidak setara dengan laki-laki, bahkan dianggap objek hak milik laki-laki," sambungnya.

Solidaritas Perempuan menganggap guyon yang menjadikan perempuan sebagai objek yang dianggap biasa, akan melanggengkan budaya kekerasan terhadap perempuan. Cara pandang tersebut justru bertentangan dengan komitmen Indonesia yang telah meratifikasi Konvensi Penghapusan Segala Bentuk Diskriminasi terhadap Perempuan sejak tahun 1984.

"Ketika seorang pejabat publik mengeluarkan pernyataan yang merendahkan perempuan, maka menjadi tantangan bagi perjuangan penghapusan kekerasan terhadap perempuan, maupun upaya mendorong negara menghormati, memenuhi, dan melindungi hak-hak perempuan," ujarnya.

Solidaritas Perempuan juga menilai pernyataan pejabat publik yang menyamakan Corona dengan istri menunjukkan ketidakmampuan pemerintah tangani pandemi Covid-19.

"Pernyataan Mahfud Md secara gamblang mengakui bahwa pemerintah gagal dan tidak mampu mengendalikan virus Corona, sehingga satu-satunya pilihan adalah menerima untuk hidup dengan virus tersebut," kata Ketua Badan Eksekutif Nasional Solidaritas Perempuan, Dinda Nisa Yura.

Sebelumnya, Mahfud MD menyebut kalau virus corona itu bak seorang istri yang tidak bisa ditaklukkan. Maka dengan begitu harus belajar bagaimana caranya hidup dengan kondisi tersebut.

Hal tersebut diperolehnya dari sebuah meme yang ia dapatkan dari Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Meme yang ia dapatkan itu berisikan tentang Covid-19 yang dibandingkan dengan sosok seorang istri.

Meme itu dibuat dalam tulisan berbahasa Inggris yakni "Corona is like your wife. In easily you try to control it, then you realize that you can't. Than you learn to live with it".

"Corona itu seperti istrimu, ketika kamu mau mengawini kamu berpikir kamu bisa menaklukan dia. Tapi sesudah menjadi istrimu, kamu tidak bisa menaklukkan istrimu," kata Mahfud saat mengisi acara Halal Bihalal Keluarga Besar Universitas Sebelas Maret secara virtual, Selasa (26/5/2020).
loading...