Turki Menempati Urutan Ketiga di Dunia Dalam Menyediakan Bantuan Medis ke Negara-negara Lain Selama Wabah Corona


[PORTAL-ISLAM.ID] Turki adalah pemasok bantuan medis terbesar ketiga di dunia di tengah wabah koronavirus, Menteri Luar Negeri Mevlut Cavusoglu mengatakan Selasa (28/4/2020).

Negara ini juga menyediakan jumlah bantuan kemanusiaan terbesar di dunia, katanya.

Di Twitter, Cavusoglu membagikan pesan dengan tagar #StrongTurkey dan #HumanitarianForeignPolicy, mengutip kata-kata penyair abad ke-13 Jalaluddin Rumi, yang dicetak pada kotak yang berisi bantuan medis untuk AS: "Setelah putus asa, ada begitu banyak harapan, dan setelah kegelapan, ada matahari yang jauh lebih terang. "

Dalam pesannya, ia menyertakan foto sebuah pesawat bantuan medis dari Turki, mengatakan: "Selain menyediakan jumlah terbesar bantuan kemanusiaan di dunia, Turki adalah pemasok bantuan medis terbesar ketiga di dunia selama wabah coronavirus."

Sebuah pesawat militer Turki yang membawa pasokan medis mendarat di AS pada hari Selasa untuk mendukung perjuangan negara itu melawan pandemi coronavirus karena melaporkan lebih dari satu juta kasus yang dikonfirmasi.

Dipersiapkan di bawah instruksi Presiden Recep Tayyip Erdogan dan oleh Kementerian Pertahanan Nasional Turki, bantuan medis termasuk 500.000 masker bedah, 4.000 overall, 2.000 liter desinfektan, 1.500 kacamata, 1.500 masker N, 95 masker dan 500 pelindung wajah, menurut kepresidenan Turki. .

Kementerian pertahanan negara itu juga telah mengirimkan bantuan medis ke Spanyol, Italia, Inggris, Serbia, Kosovo, Bosnia dan Herzegovina, Makedonia Utara, Montenegro, Libya dan Somalia.

Sumber: Anadolu