Hikmah di Balik Corona di Negeri Kincir Angin, Syiar Islam Makin Diterima


[PORTAL-ISLAM.ID]  Ada Hikmah Dibalik Setiap Peristiwa. Ungkapan ini sangat tepat untuk menggambarkan apa yang terjadi di Belanda.

Selama masa lockdown di tengah pandemi covid-19 ada fenomena menarik di negeri kincir angin.

Didominasi masyarakat Kristiani, namun dari sensus terakhir lebih dari separoh warga Belanda mengaku tidak berafiliasi dengan agama apapun.

Kini Belanda marak memperkenalkan simbol-simbol Islami di ruang publik.

(1) Pertama, masjid diperbolehkan mengeraskan suara azannya.

Sebelum corona memang sudah ada masjid yang azannya dikeraskan lima waktu sholat, seperti masjid agung ultrech dan masjid biru di Amsterdam. Namun kini lebih banyak lagi masjid di kota-kota lain yang diperbolehkan mengeraskan suara azannya.

(2) Kedua, kutipan ayat Al-Quran di halte-halte bus sebagai bentuk ucapan terimakasih kepada tenaga medis yang berada di garis depan melawan corona.

Poster itu bertuliskan Al-Quran surat Al Maidah ayat 32 yang artinya "Dan barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan semua manusia."

(3) Ketiga, stasiun TV Nasional Belanda menayangkan siaran langsung dari Masjid At-Taqwa Belanda. Diperdengarkan surat Al-Baqarah dan surat Ar-Rahman beserta artinya. Dilanjutkan dengan ceramah singkat dari seorang ulama dan ustadzah muda. Kini untuk pertama kalinya Al-Quran diperdengarkan dalam siaran TV.

[Video]
loading...