MASYA ALLAH Foto Habib Bahar Smith dengan Para Muridnya di Lapas, Kalapas: Banyak Napi Yang Belajar Agama ke Habib Bahar


[PORTAL-ISLAM.ID]  Anggota DPR RI Fadli Zon mengunggah sebuah foto yang menampilkan penceramah Habib Bahar Smith berfoto dengan para murid-muridnya di dalam Lapas. Menurutnya, foto tersebut merupakan foto yang epik.

Momen tersebut diambil saat Habib Bahar Smith menjalani masa hukumannya di Lapas Cibinong, Bogor. Bahar Smith divonis tiga tahun penjara.

"Ini foto epik. Habib Bahar Smith bersama murid-muridnya di Lapas Cibinong, Bogor," kata Fadli di akun twitternya, Senin (27/4/2020).

Dalam foto tersebut tampak Habib Bahar Smith berada di tengah mengenakan topi ala koboi duduk di bawah. Di samping dan belakangnya ada beberapa pria bertato mengenakan sarung dan peci.

Dilansir detikcom, Kepala Lapas Kelas II A Cibinong Ardian Nova menjelaskan perihal foto Habib Bahar bin Smith bersama sejumlah narapidana bertato yang diunggah Fadli Zon. Ardian mengungkapkan momen dalam foto tersebut terjadi pada 2019 lalu.

"Oh, itu foto lama, sudah, foto lama. Itu foto 2019, bulan Oktober," kata Ardian ketika dihubungi, Senin (27/4/2020).

Ardian menjelaskan foto itu diambil di photo booth Lapas Kelas II A Cibinong atau yang dikenal Lapas Pondok Rajeg. Foto itu, kata dia, diambil usai narapidana belajar agama dengan Habib Bahar.

Dia mengatakan Lapas Pondok Rajeg memiliki photo booth yang bisa digunakan pengunjung. Photo booth ini, lanjut Ardian, menjadi salah satu program unggulan Lapas Pondok Rajeg dalam persiapan menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

"Nah, di sini kan ada layanan photo booth nih, di lapas ini. Jadi, pada saat kunjungan selesai, jebret-jebret. Nah itu tampingnya (tahanan pendamping) itu yang foto," terang Ardian.

Dia mengungkapkan ada banyak narapidana yang ingin belajar agama ke Habib Bahar. Ardian menyebut sebagian narapidana yang ada dalam foto telah menghirup udara bebas.