Ekonom Senior Rizal Ramli Sebut Jokowi Didukung Oleh Buzzer, Makhluk Paling Penakut di Dunia


[PORTAL-ISLAM.ID]  Tokoh Nasional Rizal Ramli menyoroti keberadaan buzzer dan influencer dalam iklim demokrasi Indonesia di rezim pemerintahan Jokowi saat ini.

Menurut RR begitu Rizal Ramli disapa rezim kali ini didukung oleh buzzer yang merupakan makhluk paling penakut di dunia.

“Buzzer ini makhluk paling penakut diseluruh dunia. Dia tak berani pakai namanya sendiri. Kebayang ada seorang buzzer di Kwitang pakai namanya sendiri tiap hari (misalnya) maki-maki Anies Baswedan. Bisa digebukin sama orang sekampung,” ujar RR, Selasa, (3/3/2020).

Ekonom senior inipun menilai keberadaan buzzer saat ini telah membuat kehadiran pendukung yang riil atau nyata hilang di rezim saat ini.

Rizal menyerukan kepada para aktivis untuk terus menyuarakan kebenaran. Apalagi, ungkapnya, banyak para akademisi yang masih tutup mata dengan kondisi ini.

“Oleh karena itu saya serukan kepada aktivis mulai hari ini mulai lebih kritis, mumpung semua takut. Ini space buat aktivis, modal di FB saja bikin heboh. Pakailah peniti kebenaran,” tegas mantan Menko Perekonomian era Presiden Gus Dur ini.

Untuk diketahui, rezim pemerintahan Jokowi memang dikenal dekat dengan para buzzer atau influencer. Jokowi bahkan sempat mengundang para influencer untuk datang ke Istana Negara.

Tidak hanya itu, dalam kebijakannya pun Jokowi juga melibatkan influencer atau buzzer. Teranyar untuk mendongkrak pariwisata Indonesia, Jokowi berniat melibatkan influencer dengan total anggaran mencapai Rp72 Miliar. Meskipun akhirnya dikabarkan dibatalkan setelah ada yang positif corona. [kedaipena]
loading...