Pariwisata Sepi, Bali Menyesal Anak Tirikan Turis Lokal, Netizen: Akibat Sombong Wisata Halal Ditolak


Pariwisata Sepi, Bali Menyesal Anak Tirikan Turis Lokal

Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati mengakui selama ini telah menomorsatukan wisatawan mancanegara dan menyiratkan penyesalannya karena menganak-tirikan wisatawan domestik di Pulau Dewata.

Alhasil, saat wabah virus corona menyebar di seluruh penjuru negara di dunia, pariwisata Bali merasakan pukulan paling kencang.

"Kami mengarah sekarang ke tamu domestik. Ketika kami sering atau ketergantungan dengan tamu mancanegara terlalu tinggi. Kami sering terlalu abai terhadap kemampuan atau potensi domestik kita. Padahal, jumlahnya besar sekali," ungkapnya di Denpasar, Selasa (11/3/2020).

Sejak virus corona mewabah, 1-2 bulan terakhir, pengusaha di Bali mengaku bisnis lesu. Federasi Serikat Pekerja Mandiri (FSPM) Regional Bali bilang beberapa perusahaan sudah meminta kepada para pekerja untuk cuti tanpa bayaran selama 5 hari hingga 15 hari.

Link: https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20200311144535-92-482484/pariwisata-sepi-bali-menyesal-anak-tirikan-turis-lokal

Tanggapan Netizen

"Mau ngakak takut dibilang gak nasionalis. Ingat bbrp waktu lalu ada yg bilang gak butuh turis lokal, apalagi yg Muslim, sayang gak disimpan jejak digitalnya..," ujar @Ndoro_Raghil.

"Yg mayoritas muslim aja ga dianggap..mau buat wisata halal, malah galak bak ogoh-ogoh ngamuk..," komen @gerinisk.

"Iya bang, saya sampai malas di ajak ke Bali, tahu susah nyari makanan halal. Paling fast food doang...," timpal @niakaniapurnama.

Baca juga :