Hasil Tes Corona Presiden dan Menteri Tidak akan Diumumkan ke Publik


[PORTAL-ISLAM.ID]   Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto, mengatakan Presiden Joko Widodo, Iriana Ibu Negara dan para Menteri Kabinet Indonesia Maju yang sempat bertemu dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah melalukan tes kesehatan.

Pemeriksaan kesehatan itu untuk memastikan mereka semua tidak terinfeksi Virus Corona (COVID-19) yang mewabah di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia.

Hal tersebut dilakukan menyusul Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi terkonfirmasi terjangkit virus corona atau Covid-19.

"Kita melakukan kewaspadaan bahwa beliau (Budi Karya Sunadi) sempat hadir beberapa kali di Istana dengan para menteri lainnya untuk mengikuti rapat yang dipimpin bapak Presiden," ujar Achmad Yurianto dalam keterangan pers di Kantor BNPB, Jakarta, Selasa (17/3/2020).

Yurianto menegaskan hasil pemeriksaan itu tidak akan diumumkan kepada publik.

Menurutnya, hasil pemeriksaan Presiden, Ibu Negara dan para menteri akan diserahkan kepada yang bersangkutan.

Lebih lanjut, Dokter Yurianto bilang, semua pejabat negara yang menjalani tes kesehatan, sekarang dalam kondisi baik.

“Karena itu general check up (pemeriksaan umum), kami tidak akan declare (umumkan). Hasilnya kami serahkan kepada pejabat. Seluruhnya dalam kondisi baik,” ujar Yurianto.

Sekadar informasi, Senin (16/3/2020), Jokowi Presiden dan Iriana Ibu Negara diperiksa oleh Tim Dokter Kepresidenan, di Istana Bogor, Jawa Barat.

Sehari sebelumnya, sejumlah menteri dan wakil menteri tes kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, khusus untuk mendeteksi Virus Corona.

Medical check up itu dilakukan, menyusul diumumkannya Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan sebagai pasien positif COVID-19.

Beberapa waktu sebelum terdeteksi positif COVID-19, Budi Karya Sumadi sempat mengikuti Rapat Kabinet yang dipimpin Jokowi, tanggal 4 dan 11 Maret 2020, di Kantor Presiden. (Suara)
Baca juga :