Anies Siapkan Tiga Hotel untuk Istirahat Tenaga Medis Corona


[PORTAL-ISLAM.ID] Jakarta — Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan benar-benar hadir untuk rakyat Jakarta. Setelah menetapkan Jakarta Tanggap Darurat Covid-19, Anies all out menyiapkan fasilitas pendukungnya untuk melawan wabah virus corona.

Tak hanya pasien yang mendapat pelayanan medis, tapi juga para perawat dan paramedis. Buktinya, hari ini Anies menyiapkan Hotel Grand Cempaka dan beberapa hotel lain milik BUMD Pemprov DKI untuk menjadi tempat istirahat perawat, dokter, dan petugas kesehatan.

Anies mengatakan, tenaga medis yang mengurusi pasien Covid-19 adalah pejuang yang tugasnya terberat dan paling berisiko terpapar. Wajahnya tertutup masker, tapi perannya terlihat dengan nyata.

“Mereka harus kita dukung penuh. Mulai hari ini, Hotel Grand Cempaka Business milik BUMD PT. Jakarta Tourisindo, diubah dan dioperasikan sebagai tempat peristirahatan bagi para tenaga medis di Jakarta yang sedang berjuang keras mengalahkan wabah COVID-19,” kata Anies, Kamis (26/3/2020).


Sebanyak 220 kamar berisi 414 tempat tidur telah disiapkan. Dalam waktu dekat tiga hotel milik BUMD DKI juga akan segera menyusul, dengan jumlah total 261 kamar tambahan dan 361 tempat tidur.

Seluruh fasilitas pendukung di dalamnya disiapkan khusus untuk melindungi dan melayani para tenaga medis. Setiap kamar dibersihkan dengan disinfektan secara rutin, makanan disediakan dalam kotak, bilik disinfektan disediakan. 15 bus TransJakarta dan 50 bus sekolah dioperasikan khusus untuk antar jemput.


“Hari ini, 138 tenaga medis dari RSUD Tarakan dan RSUD Pasar Minggu mulai menempati hotel Grand Cempaka Business. Ratusan lainnya akan segera menyusul. Mereka turun berjuang melayani warga Jakarta dalam masa sulit, dan siap menghadapi tantangan berat dengan risiko sangat tinggi,” ujar Anies.

Dikatakan, dukungan dari kita semua, semoga dapat meringankan beban para pejuang kemanusiaan ini. Tak lupa Anies terus mendoakan agar Allah SWT terus melindungi mereka, memberi kesehatan dan kekuatan dalam menjalankan tugas mulia ini.

Upaya melawan wabah Covid-19 memang tak henti dilakukan. Gerakan Pemprov DKI untuk berperang melawan pandemik global itu mendapat bantuan dari berbagai pihak. Mulai dari Dompet Dhuafa sampa Terra Restorant ikut memberi bantuan.

“Dompet Dhuafa dan Pasar Jaya menyediakan bilik disinfektan, donasi makanan berdatangan dari Foodstation Jakarta, Susu Diamond, Bank DKI, Perkumpulan Jasa Boga Indonesia, Terra Restaurant, dan dari individu seperti Ibu Juliana. Kami sampaikan terima kasih atas kolaborasi ini,” kata Anies.

(Surat Anies Baswedan di setiap kamar hotel Grand Cempaka)

Anies mengajak kepada seluruh pihak yang dapat membantu, Jakarta memanggil kita semua. Bagi yang ingin menyumbangkan makanan dan berbagai peralatan, atau kepada hotel-hotel yang ingin membantu, silakan langsung hubungi pada gambar terakhir.

“Jangan biarkan tenaga medis bertarung sendirian di garda terdepan. Ini kerja bersama, kerja kolosal dan semua perlu terlibat. Mari kita dukung, mari kita bantu. Semoga Allah SWT melindungi kita semua,” pungkas Anies.

Barakallah Pak Anies dan seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta.


Baca juga :