Tiga Kandidat Ketum PAN Tak Signifikan, Pengamat: Zulhas Bakal Menang Mudah


[PORTAL-ISLAM.ID]  Petahana Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan, diyakini akan melenggang tanpa perlawanan dalam pertarungan di Kongres PAN pada 10 Februari 2020 mendatang.

Pasalnya, selain telah didukung mayoritas pengurus Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) dan DPD PAN, pergerakan tiga kandidat penantang Zulhas di Kongres (Asman Abnur, Mulfachri Harahap, Drajad Wibowo) belum terlihat signifikan.

Begitu disampaikan Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno Rabu 5 Februari 2020.

"Zulhas cukup terbuka menang. Ia petahana yang mendapat dukungan mayoritas DPW dan DPD. Gerakan tiga kandidat lainnya belum terlihat signifikan," kata Adi Prayitno.

"Inilah yang akan memudahkan Zulhas menang di Kongres nantinya," sambungnya.

Menurut Pengamat Politik dari UIN Syarief Hidayatullah Jakarta ini, kemenangan Zulhas terbuka lebar lantaran skill individunya dalam mengonsolidasikan dukungan mayoritas kader PAN pada Kongres V yang akan digelar di Kendari, Sulawesi Tenggara, tersebut.

"Zulhas memiliki satu kemewahan untuk penetrasi sekaligus konsolidasi untuk mendapat dukungan mayoritas pemilik suara di kongres PAN," ungkap Adi Prayitno.

Kemewahan tersebut, lanjut Adi Prayitno, nyaris tidak dimiliki oleh kandidat lainnya yang menjadi penantang Zulhas di Kongres V PAN.

"Dengan asumsi tiga atau empat kandidat, Zulhas akan mudah memenangkan pertarungan," pungkasnya.

Sumber: RMOL
Baca juga :