Saudi Memasukkan Indonesia ke Daftar Negara-negara Terjangkit Corona


[PORTAL-ISLAM.ID]  Saudi Memasukkan Indonesia ke dalam Daftar Negara-negara Terjangkit Virus Corona.

Padahal pemerintah RI menyatakan tidak ada kasus corona.

Ini sama saja artinya pemerintah Saudi gak percaya dengan klaim pemerintah RI.

Indonesia masuk 23 negara yang dilarang masuk Saudi, salah satu dampaknya dilarang umroh.

Ini Daftar Negara Terjangkit Corona Versi Saudi, Indonesia Termasuk

Pemerintah Indonesia memang menyatakan tak ada kasus virus Corona yang berjangkit di wilayahnya, tapi Arab Saudi memandang lain. Saudi memasukkan Indonesia ke daftar negara-negara terjangkit Corona.

Indonesia kemudian masuk ke daftar negara yang warganya dilarang masuk ke Saudi menggunakan visa wisata. Sebagaimana keterangan pers Kementerian Luar Negeri Saudi, soal visa wisata ini ada dalam poin kedua. Hal ini berdampak pada larangan umroh dan ziarah ke Masjid Nabawi.

"Menghentikan masuknya warga negara ke Kerajaan Arab Saudi dengan menggunakan visa wisata, bagi mereka yang datang dari negara-negara yang terkena wabah virus Corona baru (COVID-19), merujuk kepada kriteria yang ditetapkan oleh lembaga kesehatan terkait Pemerintah Kerajaan," demikian bunyi poin kedua pernyataan Kemlu Saudi, Kamis (27/2/2020).

Namun dalam pernyataan itu, Kemlu Saudi tidak menyebutkan negara-negara mana saja yang digolongkan dalam 'negara-negara yang terkena wabah virus Corona baru'. Tapi, daftar negara-negara itu ada. Jumlahnya ada 23 negara. Ini diketahui dari keterangan Menlu RI Retno.

Masuknya Indonesia ke daftar negara-negara yang mengalami kasus COVID-19 ini dipertanyakan Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi. Soalnya, pemerintah selama ini menyampaikan tak ada kasus virus Corona di Indonesia.

"Itu yang saya sampaikan kepada Duta Besar Saudi tadi dan dubes yang ada di Riyadh sudah mengirim surat juga. Di dalam butir dua ada beberapa negara, 23 negara, salah satunya Indonesia, karena kenapa Indonesia? Karena Indonesia itu kan belum," kata Retno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (27/2).

Dihubungi terpisah, pelaksana tugas juru bicara Kemlu RI, Teuku Faizasyah, menjelaskan daftar negara-negara yang terjangkit Corona versi Saudi telah disampaikan oleh Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Essam bin Abed al-Thaqafi, kepada Retno, saat pertemuan tadi.

"Tadi saya hadir saat Menlu menerima Dubes Saudi dan yang bersangkutan menyebutkan ada di daftar yang dikeluarkan Kementerian Dalam Negeri Saudi. Antara lain Iran, Singapura, Republik Rakyat Tiongkok (China), Korea, dan lain-lain," kata Faizasyah.

Berikut ini daftar negara yang terjangkit virus Corona menurut Saudi, dikonfirmasi oleh pihak Kemlu RI:

- China
- China Taipei
- Hong Kong (Special Administrative Region/SAR of China)
- Iran
- Italia
- Korea (Rep)
- Makau (SAR China)
- Jepang
- Thailand
- Malaysia
- Indonesia
- Pakistan
- Afghanistan
- Irak
- Filipina
- Singapura
- India
- Lebanon
- Suriah
- Yaman
- Azerbaijan
- Kazakhstan
- Uzbekistan
- Somalia
- Vietnam

Sumber: detik

Baca juga :