Protes Aturan Berhijab di Masjid Raya Sumbar, Penulis Ini Banjir Kecaman Warganet


[PORTAL-ISLAM.ID]  Akhir-akhir ini umat Islam terus mendapat tekanan dan ujian dari berbagai pihak, mulai dari kelompok Islam liberal, non-muslim garis keras, sampai ke pemerintah sebagai pihak yang seharusnya menjaga kondusivitas antar umat beragama.

Salah satu contoh nyata ujian tersebut datang dari seorang penulis muda yang memprotes aturan berhijab di kawasan Masjid Raya Sumbar yang muncul di lini masa media sosial Twitter, Sabtu 22 Februari 2020.

Penulis tersebut mempertanyakan aturan berhijab di area Masjid Raya Sumbar. Ia bahkan menyebut petugas masjid sebagai polisi moral.

"Saya habis salat ashar di Masjid Raya Sumbar. Sehabis salat saya duduk di pelataran luar. Lalu, datang "polisi moral" masjid lengkap dgn seragamnya, berkata, Tidak pakai hijab ya, d sini dilarang bagi yang tidak pakai hijab, tuh ada tulisan pringatannya. Bantu RT biar pada tahu," cuitnya lewat akun Twitter-nya, @yettiaka.

Protes tersebut langsung ditanggapi keras oleh warganet.

"Esensi drama hijab di Masjid Raya Sumbar yg ingin disampaikan penulis: hidup beragama makin tidak ramah. Malu dong ah.. Michelle Obama saja tahu. Sebagai tamu, ia harus menjunjung tinggi adat dan berkerudung saat memasuki kawasan Masjid Istiqlal :)," cuit @wartapoLitik.

"Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung.. Ini salah satu tempat di bali dg aturan yg dibuat," cuit @edisandras.

"Seorang penulis yang mencari ide tulisan dgn membumbuinya dengan sedikit sentimen SARA ckckkc. Gini amat caranya nyari duit," cuit @patriot_bangsa9.

"seorang Rihana dan mantan ibu negara amerika ketika mereka mengunjungi masjid mereka pake kerudung,pun ketika datang ke masjid kuba depok,ketentuan pake hijab, like or dislike," cuit @marita_asrie.

Menanggapi kasus tersebut, walikota Padang berjanji akan mengkomunikasikannya dengan pemerintah provinsi.

"Terimakasih atas masukannya. Nanti kita coba komunikasikan ke Pemprov, karena masjid raya dikelola oleh Pemprov, mudah-mudahan ada solusi untuk permasalahan ini," cuit @mahyeldi_sp.

"((Solusinya cabut aturan))? What? Hanya krn kalian ga bisa mengikutinya,lalu aturan hrs dicabut? Dima bumi dipijak disitu langit dijunjuang piak! Lai ngarati kau? Klu mau open minded, ya otak lu dibuka sekalian..Sok bicara keterbukaan, tp saling menghormati aturan aja lu ga bisa!" cuit @ocee_me08.

"Contoh kalimat penutup yg bisa mengungkap jati diri," cuit @GuccianoRie.

"Iya, Kate Middleton pun sama saat masuk ke salah satu masjid di Pakistan pun pakai pakaian muslim dan pake kerudung," cuit @nynazka.