Media Inggris Daily Mail: 10 Stadion Termegah Dunia Sedang Dibangun, Salah Satunya di Jakarta


[PORTAL-ISLAM.ID]  Pembangunan Stadion Internasional Jakarta (Jakarta International Stadium) rupanya mencuri perhatian media di Inggris. Daily Mail menjadikannya sebagai satu dari 10 stadion termegah yang sedang dibangun.

Stadion yang dibangun di kawasan Jakarta Utara itu ditarget rampung pada 2021. Project Manager Jakarta Internasional Stadium, Arry Wibowo, akhir tahun lalu mengatakan Stadion BMW nantinya bisa menampung 82.000 penonton. Artinya, kapasitas stadion itu akan lebih besar dari Old Trafford milik Manchester United.

Bahkan Daily Mail menyebut Stadion Internasional Jakarta berpotensi mengalahkan 'Theatre of Dreams' -julukan bagi kandang Manchester United.

Berikut ulasan ringkasnya 10 Stadion Termegah Dunia Sedang Dibangun:

1. Miami Freedom Park



Stadion berkapasitas 20 ribu tempat duduk ini dibangun klub MLS David Beckham, Inter Miami pada 2019. Ditargetkan rampung pada 2022, stadion ini diperkirakan memakan biaya 766 juta pound atau setara Rp13 triliun.

2. Lusail Iconic Stadium



Stadion Lusail Iconic dibuat pemerintah Qatar untuk menyambut Piala Dunia 2022. Sebagai venue pembuka dan laga final, stadion ini dipastikan menjadi arena menonjol. Stadion ini memakan biaya pengerjaan mencapai 579 juta pound atau setara Rp10 triliun.

3. Bramley-Moore Dock Stadium



Klub Inggris Everton sedang membangun stadion raksasa berkapasitas 52 ribu tempat duduk di Liverpool Utara. Mereka memang telah memiliki stadion sendiri yakni Goodison Park dengan nilai historis yang kuat, namun manajemen klub berharap dengan stadion baru Everton bisa naik level. Proses pengerjaan stadion itu memakan biaya 500 juta pound atau setara Rp8 triliun, dan ditargetkan selesai pada 2023/2024.

4. Stadion Camp Nou Baru



Klub Spanyol FC Barcelona sedang merenovasi stadion mereka, Stadion Camp Nou, dengan biaya mencapai 540 juta pound atau setara Rp9,5 triliun. Renovasi mencakup penambahan kapasitas stadion dari 99 ribu menjadi 105 ribu tempat duduk, dan ditargetkan rampung pada tahun 2024.

5. Stadion Santiago Bernabeu Baru



Real Madrid juga mengambil langkah strategis dengan memulai pegerjaan renovasi stadion Santiago Bernabeu pada musim panas tahun lalu. Biaya yang dikeluarkan sebesar 450 juta pound atau setara 7,9 triliun mencakup tribun timur serta peningkatan tinggi atap stadion.

6. Stadion Feyenoord Baru



Pada bulan Maret 2016, Feyenoord mengumumkan rencana pembangunan stadion baru. Dana sebesar 415 juta pound atau setara Rp7,3 triliun digelontorkan untuk membuat stadion dengan kapasitas 60 ribu tempat duduk. Mereka menargetkan pembangunan stadion terbesar di Belanda rampung pada 2025.

7. Stadio Della Roma



Stadion baru Roma menggabungkan salah satu ikon kota paling terkenal yakni Colosseum. Mega-proyek senilai 830 juta pound atau setara Rp14 triliun disebut-sebut akan menjadi pesaing San Siro, Milan. Namun terkendala pembangunannya akibat akses dan transportasi.

8. San Siro Baru



Stadion San Siro merupakan salah satu venue paling ikonik dalam sepak bola. Namun, Inter Milan dan AC Milan berencana membangun di sebelah stadion mereka saat ini. Keduanya menggelontorkan dana 576 juta pound atau setara Rp10 triliun. Desain stadion masih dalam perdebatan karena ada dua opsi yakni The Cathedral dan The Rings of Milano.

9. Grand Stade de Casablanca



Tim nasional Maroko berencana membangun stadion bekapasitas 93 ribu tempat duduk yang ditargetkan rampung pada 2025. Stadion tersebut memakan biaya 459 juta pound atau setara Rp8,1 triliun, dan akan menjadi stadion termegah di Maroko.

10. Jakarta International Stadium



Stadion Internasional Jakarta berkapasitas 82 ribu tempat duduk ditargetkan rampung pada 2021 dan akan menjadi etalase sepak bola Indonesia kedua setelah Gelora Bung Karno.

[Video - Master Plan Jakarta International Stadium]
Sumber: Daily Mail

loading...