Cara Turki Membangun Industri Otomotif Dalam Negeri


Cara Turki Membangun Industri Otomotif Dalam Negeri

Turki telah memiliki mobil nasional TOGG yang diluncurkan pada Jumat 27 Desember 2019. Mobil nasional itu berupa mobil SUV kompak dan sedan bertenaga listrik. Desain mobil Turki ini futuristik yang merupakan hasil rancangan desainer asal Italia.

Bagaimana cara Turki membangun industri otomotif?

(1) Dibentuk konsorsium penanggungjawab program yang dinamai TOGG (Türkiye'nin Otomobili Girişim Grubu/ Turkey's Automobile Joint Venture Group Inc.)

(2) TOGG melakukan MoU dengan 114 perusahaan suplier 100 ℅ Turki.

(3) TOGG juga bekerjasama dengan 400 perusahaan kecil menengah untuk suplai ke 114 perusahaan utama, sebelum produksi massal tahun 2022.

(4) Dibentuk konsorsium pemasaran yang dinamai TAYSIAD gabungan 25 perusahaan.

(5) Industri mobil dalam negeri Turki akan menghidupkan perekonomian hingga 3 Milyar dollar antara 2022-2032.

(6) TOGG menjadi merek pertama mobil listrik. Suplai baterai litium dan seluruh komponen, berasal dari 60 perusahaan besar.

60 tahun mimpi Turki memproduksi mobnas, sukses direalisasikan dalam waktu 18 bulan.

Mobnas Turki, kata bos TOGG Gürcan Karaka, mengandalkan motor listrik dengan tenaga 200 HP atau 400 HP. Versi dengan baterai yang lebih besar diklaim mampu dipacu dari nol hingga 100 km/jam dalam 4,8 detik, dengan jangkauan lebih dari 500 KM. Baterainya sendiri bisa diisi ulang hingga 80 persen dalam waktu kurang dari 30 menit.

Bagaimana jika diperbandingkan dengan mobil racikan PT Solo Manufaktur Kreasi atau Esemka yang diklaim memiliki tingkat kandungan lokal tinggi?

Itulah bedanya antara Pemimpin Visioner dengan Hasil Pencitraan Media.

(By Nandang Burhanudin)

loading...