Pengamat: Godaan Jokowi Dan BG Ke Sandi Hanya Trik Memecah Popularitas Anies


[PORTAL-ISLAM.ID]  Mantan calon wakil presiden pada Pilpres 2019 Sandiaga Salahuddin Uno tengah jadi perbincangan.

Sebab, Sandi disebut oleh Presiden Joko Widodo sebagai salah satu sosok yang kuat untuk menggantikan posisi sebagai presiden di tahun 2024.

Tidak hanya Jokowi, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan dalam sambutanya usai melantik Pengurus Besar (PB) E-sports Indonesia juga berkata hal yang sama.

Menurut pria yang akrab disapa BG itu, Sandiaga Uno merupakan sosok yang terkenal dan dikagumi oleh anak muda serta kalangan emak-emak.

Melihat hal tersebut, analis politik Dedi Kurnia Syah berpandangan, godaan Joko Widodo dan Budi Gunawan sebatas bagian strategi dan trik untuk memecah popularitas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang makin kuat.

“(Sedangkan) Sandiaga tidak memiliki panggung politik, sehingga perlu dibangunkan momentum untuk tetap menguatkan popularitas,” kata Dedi kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin (20/1/2020).

Di sisi lain, menurut Dedi, Presiden Jokowi dan afiliasinya lebih nyaman dan cair terhadap Sandiaga Uno ketimbang tokoh lainya seperti Anies Baswedan yang memiliki potensi sama pada Pilpres 2024 yang akan datang.

“Dari kondisi itu bisa kita baca jika Presiden Jokowi beserta cenderung lebih nyaman dengan Sandiaga dibanding tokoh lain,” jelas Dedi.  [RMOL]