Mobnas Turki Jadi Favorit Dalam dan Luar Negeri


[PORTAL-ISLAM.ID]  Ankara - Mobil nasional Turki mendapatkan minat luar biasa dari dalam dan luar negeri. Produsen mobil TOGG saat ini tengah menyiapkan proses pre-order untuk menampung minat orang dari dalam dan luar negeri Turki.

Menurut Menteri Industri dan Teknologi Turki Mustafa Varank seperti dilansir dari Anadolu Agency yang dikutip dari detikoto, permintaan pada mobnas Turki itu tergolong tinggi.

"Kami dalam tahap memproduksi 100-150 prototipe. Mobil akan dites pada awal 2020, pabrik akan mulai produksi massal," ujarnya, Senin (6/1/2020).

Pemerintah Turki menyiapkan skema khusus untuk pembelian mobil. Turki akan menjamin pembelian sebanyak 30.000 unit pada tahun 2035. Skema seperti ini menurut Mustafa merupakan yang pertama diberikan Turki. Namun Turki tidak akan memberikan jaminan serupa pada produsen mobil lain, seperti VW yang berusaha mereka tarik investasinya ke Turki.

Mimpi 60 Tahun Turki Yang Jadi Kenyataan

Mobil nasional Turki bertenaga listrik itu dilaunching pada 27 Desember lalu oleh Presiden Erdogan dan sukses membuat heboh dunia otomotif. Mobil bisa berlari dari 0-100 km per jam dalam 7,6 detik dan 4,8 detik tergantung tipe powertrain-nya. Desainnya pun tergolong cantik elegan.

Turki selama 60 tahun bermimpi punya mobil buatan nasional dan akhirnya terwujud. Mobil nasional merupakan salah satu kebijakan Presiden Turki Tayyip Erdogan untuk membuktikan kekuatan ekonomi Turki.

Proyek mobil nasional Turki ini memiliki nilai investasi sebesar USD 3,7 miliar dengan masa pengembangan selama 13 tahun.

Mobil nasional Turki ini ternyata melibatkan perusahaan desain Italia Pininfarina. Pininfarina juga menjadi salah satu perancang untuk mobil nasional Vietnam, VinFast.

Tampilan depan SUV seperti pada konsep lain yang dirancang Pininfarina seperti crossover HKG K350 atau crossover VinFast Vietnam. Sementara itu, type sedan memiliki profil yang sederhana namun modern, dengan siluet seperti Tesla. Kedua kendaraan dilengkapi dengan pegangan pintu flush dan spion dengan kamera.


loading...