Dua Nama Cawagub DKI: Nurmansyah Lubis (PKS) dan Riza Patria (Gerindra)


[PORTAL-ISLAM.ID]  JAKARTA - Dua nama calon Wakil Gubernur DKI Jakarta yang baru resmi diumumkan. Dua nama itu adalah Nurmansyah Lubis dari PKS (pernah menjadi anggota DPRD DKI Jakarta periode 2004-2009) dan A Riza Patria dari Gerindra (Ketua DPP Partai Gerindra, saat ini menjadi anggota DPR RI).

Pengumuman disampaikan oleh Partai Gerindra hari ini, Senin (20/1/2020).

Gerindra pun memamerkan surat resmi penunjukan dua nama tersebut yang ditujukan kepada Gubernur DKI Jakarta. Dalam surat itu tampak tanda tangan Ketua DPW PKS DKI Syakhir Purnomo, Ketua DPD Gerindra DKI M Taufik, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Presiden PKS Shohibul Iman.

"Saya bawa surat yang ditujukan kepada gubernur yang ditandatangani oleh kedua belah pihak. Di surat ini sudah setuju dua nama. Satu, Nurmansyah Lubis, dan dua, Ahmad Riza Patria," ucap Waketum Gerindra Sufmi Dasco Ahmad saat konferensi pers di Ruang Fraksi Partai Gerindra DPRD DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Senin (20/1/2020), seperti dilansir detikcom.

Selanjutnya, surat itu akan segera diserahkan ke Sekretaris Dewan, Ketua DPRD, dan Gubernur Jakarta Anies Baswedan untuk ditindaklanjuti dengan rapat pimpinan gabungan.

"Setelah itu akan disusun panitia pemilihan untuk menentukan mekanisme pemilihan," ucapnya.

Pemilihan Cagub Februari

Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta Mohammad Taufik mengatakan, pemilihan wakil gubernur DKI Jakarta akan dilaksanakan paling lambat awal Februari 2020.

Pernyataan ini dilontarkan Taufik seusai mengumumkan dua nama cawagub DKI Jakarta yang baru, yakni Ahmad Riza Patria dan Nurmansyah Lubis.

"Jadi Insya Allah kalau enggak ada halangan mungkin paling lambat awal bulan (Februari) selesai lah," kata Taufik di lantai 2, Gedung DPRD DKI, Senin (20/1/2020).

Adapun Riza dan Nurmansyah akan dikenalkan ke seluruh anggota DPRD DKI maupun publik melalui media.

"Ya nanti kami ajak silaturahmi calonnya, kami tenteng silaturahmi lah ke wartawan, ke semua fraksi. Nanti kami tenteng calonnya," tambah Taufik.

Tanggapan PKS

Saat jumpa pers pengumuman dua cawagub DKI itu tak dihadiri perwakilan Fraksi PKS DPRD Jakarta.

Namun begitu, di tempat terpisah, Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menanggapi dan menyebut sosok Nurmansyah Lubis memiliki latar belakang pendidikan akuntansi dan dinilai cocok untuk 'menjaga' keuangan Jakarta.

"Yang jelas beliau (Nurmansyah Lubis) anggota DPRD dari PKS periode 2004-2009, dan itu salah satu pimpinan komisi. Sangat kuat di akuntansi karena dulu dari Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN)," kata Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (20/1/2020).

"Dan cocok, Mas Anies sangat perlu orang yang kuat jagain keuangan DKI," imbuhnya.

Mardani mengaku mendengar adanya kesepakatan dengan Gerindra soal nama cawagub yang diumumkan hari ini. Namun, dia menyerahkan kepada Presiden PKS Sohibul Iman dan Sekjen PKS Mustafa Kamal untuk memberikan penjelasan. Mardani pun tetap berharap wagub DKI berasal dari PKS.

"Ya tentu kalau PKS tetap berharap sesuai kesepakatan awal kader PKS yang jadi (wagub). Tetapi dalam perkembangannya hak ini kan bukan hak sesuai dengan perintah undang-undang, ini hak konsensus bersama. Dalam konsensus itu pertimbangan kekinian bisa menjadi masukan. Kami menghargai usulan dari Gerindra, siapapun itu, walaupun kalau saya pribadi tetap berharap wagubnya kader PKS," jelas Mardani.