Dari Aspek Politik, Ahmad Riza Patria Lebih Berpeluang dari Nurmansjah Lubis


[PORTAL-ISLAM.ID] DPRD DKI Jakarta telah menerima surat terkait dua nama Calon Wakil Gubernur. Pemilihan akan dilakukan pada awal Februari depan.

Dua nama baru yang sudah disepakati oleh PKS dan Gerindra ialah Nurmansjah Lubis (PKS) dan Ahmad Riza Patria (Gerindra). Keduanya akan dipilih oleh anggota DPRD DKI Jakarta untuk mengisi posisi wagub DKI yang ditinggalkan Sandiaga Uno sejak 2018 lalu.

Pengamat Komunikasi Politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH), Emrus Sihombing menilai dari sisi politik peluang calon yang dari Gerindra yang bakal terpilih oleh DPRD DKI Jakarta.

"Dari segi kapabilitas, dua sosok ini sangat pantas diajukan. Tapi aspek politik, saya melihat, bahwa peluang untuk menjadi wakil gubernur di sidang DPRD justru terbuka lebar untuk calon dari Gerindra," kata Emrus kepada media, di Jakarta, Rabu (22/1/2020).

Hal itu, menurut Emrus, karena Gerindra kini telah menjadi bagian dari koalisi pemerintahan Joko Widodo saat ini. Seperti diketahui, koalisi pemerintahan saat ini diisi oleh PDIP, Golkar, Gerindra, NasDem, Hanura, PPP, dan PSI. Sedangkan partai non pemerintah yakni PKS, PAN dan Partai Demokrat.

"Nah jumlah kursi pendukung Riza Patria di DPRD akan semakin banyak, yaitu yang mengusung Ahok kala Pilkada 2017 dan ditambah lagi kursi Gerindra," kata Emrus.

Hal senada juga diungkapkan oleh pengamat Indo Barometer, M. Qodari. Dalam sebuah acara dia mengungkapkan bahwa pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta sangat strategis sebagai batu loncatan untuk pemilihan Presiden berikutnya.

Dia mencontohkan sosok Sandiaga Uno yang menjadi Calon Wakil Presiden pada pemilu 2019 lalu. “Semua partai politik akan menjadikan pemilihan Wakil Gubernur DKI ini sangat strategis. Karena itu, semua keputusan akan ditarik ke tingkat pusat,” ujar Qodari.

Karena itu, mau tidak mau, koalisi partai di tingkat nasional pasti akan mengamankan pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta. “Berdasarkan hitung-hitungan kursi di tingkat nasional, maka Ahmad Riza Patia akan memenangkan pertarungan tersebut,” pungkasnya, seperti dikutip dari indonews.id.

Komposisi Kursi DPRD DKI:

1. PDIP = 25 kursi
2. Gerindra = 19 kursi
3. PKS = 16 kursi
4. Demokrat = 10 kursi
5. PAN = 9 kursi
6. PSI = 8 kursi
7. Nasdem = 7 kursi
8. Golkar = 6 kursi
9. PKB = 5 kursi
10. PPP = 1 kursi

Total = 106 kursi

Jumlah kursi berdasar koalisi pusat:
(1) Koalisi Pemerintah = 71
(2) Oposisi = 35


loading...