TERNYATA INI... Ladang Gas Raksasa Ditemukan di Xinjiang


[PORTAL-ISLAM.ID] TERNYATA INI... wilayah muslim telah Allah karuniakan kekayaan melimpah, salah satunya di Xinjiang yang merupakan wilayah muslim Uyghur.

Ladang gas yang diperkirakan menyimpan cadangan 115,3 miliar meter kubik ditemukan di lembah Tarim (Tarim Basin), Daerah Otonomi Xinjiang, China. Hal ini disampaikan otoritas China yang mengklaim bahwa pihaknya telah menemukan cadangan gas bumi tersebut.

Media China melaporkan bahwa perusahaan migas terbesar Cina, PetroChina, yang mengelola lapangan minyak di Cekungan Tarim menyatakan telah berhasil melakukan uji coba dengan baik di ladang gas tersebut. "(Perusahaan) berhasil menyelesaikan tes sumur di ladang gas Tarim dengan output harian 418.200 meter kubik gas alam dan 115,15 meter kubik kondesat," kata Wakil General Manajer PetroChina Cabang Tarim, Tian Jun, Jumat (4/10/2019).

Diperkirakan ladang gas Tarim selain mengandung 115,3 miliar meter kubik gas alam, juga terdapat 21,66 juta ton kondensat gas. PetroChina mengharapkan lapangan gas tersebut bisa mulai berproduksi pada November mendatang.

Ladang gas Tarim memasok gas alam ke 15 provinsi/daerah setingkat provinsi di wilayah utara dan timur China melalui jaringan pipa gas yang terbentang dari barat ke timur.

Dalam laporan Reuters, Jumat (4/10/2019), cadangan gas tersebut ditemukan setelah melakukan pengeboran sedalam 8.000 meter di bawah permukaan bumi. Xinhua secara terpisah melaporkan, zona migas di sekitar sumur diperkirakan berukuran 40,9 kilometer persegi, dengan lapisan pembawa gas setebal 178 meter.

Xinjiang yang merupakan daerah otonomi setingkat provinsi di wilayah bagian barat China yang berbatasan langsung dengan Rusia, Kazakhstan, Kirgizstan, Tajikistan, Afghanistan, dan Pakistan itu dikenal memiliki cadangan minyak dan gas bumi yang melimpah.

Sumber: Reuters


Baca juga :