SULTAN MAH BEBAS!


SULTAN MAH BEBAS! 

Apakah menolak sesuatu yang tidak sesuai dengan prinsip kita itu susah? Tidak. Mudah sekali dilakukan.

Ada orang datang, bilang, "Tolong dong dilancarkan urusan saya, nanti saya kasih uang Rp 10 milyar." Apakah mudah menolaknya? Mudah. Tinggal bilang: "Terima kasih, tidak mau." Selesai. Semudah menjentikkan jemari. Kenapa mudah? Jadilah Sultan dalam hidup ini. Karena Sultan mah bebas mau ngapain saja, termasuk nolak uang 10 milyar.

Nah, masalahnya, kita itu tidak mau hidup bagai Sultan. Apa itu Sultan? Bukan semata2 karena dia kaya, itu sih receh definisinya. Sultan sejati itu adalah yang dia yakin sekali hidupnya dijamin sama Tuhannya. Kita malah memilih hidup jadi budak materi.

Pak Bos nyuruh dia melakukan sesuatu yang bertentangan dengan nuraninya. Kalau tidak dilakukan bisa dipecat. Apakah mudah melawan Pak Bos? Mudah. Tinggal bilang, "Sorry, Bos. Saya ogah." Tapi nanti dipecat gimana dong? Tidak masalah. Nafkah anak istri gimana dong? Juga tidak masalah. Sultan mah bebas merdeka. Karena dia yakin 100% rezekinya datang dari Tuhan.

Hanya hamba sahaya dunia dan materinya saja yang selalu cemas, selalu tapi, tapi, tapi. Level hidupnya memang segitu doang. Mau gimana lagi. Dia malah bela2in menjilat, cari muka, sungguh rendah kualitas hidupnya.

Silahkan saja yang mau mendebat hal ini, silahkan kalian penuh argumen membela betapa 'nyungsepnya' pilihan hidup masing2. Tapi aduh, hanya demi uang berapa? What? Cuma hitungan juta, milyar, kita mau saja menjual kehormatan diri sendiri. Sorry. Kejujuran dan harga diri kita itu tak ternilai. Bahkan saat orang lain tidak bisa melihatnya, saat hidup kita jadi susah di dunia, tetap saja nilainya kelak akan berkilauan tiada tara.

Maka mari didik anak2 kita agar besok lusa jadi Sultan dalam hidupnya. Sekali lagi, bukan Sultan gara2 dia kaya, dll. Melainkan Sultan yang yakin sekali hidup ini sudah dijamin sama Tuhannya. Apapun situasinya, apapun godaannya, dia tetap teguh pada prinsip penuh kebaikan, dia bisa bilang dengan santai: kalau saya nggak mau, situ mau apa? Sultan mah bebas.

07/12/2019

By Tere Liye [fb]