TERUNGKAP! Penolak Penggusuran Bukan Warga Sunter


[PORTAL-ISLAM.ID]  Pemprov DKI Jakarta melakukan penataan Kawasan Sunter Jaya Bebas Banjir. Tidak terjadi penggusuran paksa di Sunter Barat, sebagaimana diramaikan para haters di medsos. Mayoritas warga yang menduduki secara illegal tanah Pemprov DKI telah membongkar sendiri bangunan dan lapak milik mereka setelah beberapa kali musyawarah.

Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko menegaskan tidak ada penolakan dari warga Sunter saat penggusuran berlangsung. Menurut Sigit, mereka yang menolak adalah pendamping warga setempat atau bukan warga Sunter yang kena penggusuran.

"Iya, bukan warga. Mereka hanya katakan pendamping warga," kata Sigit di Balai Kota DPRD DKI Jakarta, Senin (18/11/2019), seperti dilansir CNNIndonesia.

Sigit juga mengungkapkan tidak ada warga yang menuntut meminta pekerjaan usai penggusuran tersebut. Padahal kebanyakan bangunan yang digusur juga bukan permukiman, melainkan tempat usaha.

"Mereka tidak minta pekerjaan meski itu dominan kan tempat usaha. Berupa lapak barang bekas arau rongsokan," ujarnya.

Sigit mengatakan pihaknya sudah menawarkan rumah susun kepada warga sebagai pengganti tempat tinggal. Namun, hingga kini warga enggan mendaftar karena yang digusur bukanlah tempat tinggal mereka.

Mayoritas bangunan-bangunan yang digusur itu, kata Sigit, hanya digunakan sebagai tempat usaha. Mereka memiliki tempat tinggal di tempat lain.

"Mereka pada umumnya kembali ke tempat tinggal ada di Penggilingan, ada di daerah Kebon Bawang. dan Tanah Abang," tuturnya.

Pemprov DKI Jakarta melakukan penataan kawasan di Jalan Agung Perkasa 8, Kelurahan Sunter Jaya dan Kelurahan Sunter Agung, Tanjung Priok pada Kamis lalu (14/11).

Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko membantah terjadi kericuhan saat penggusuran terjadi. Dia juga mengatakan bahwa penggusuran sudah disosialisasikan sejak 2 bulan lalu dan semua warga sudah mengetahui.

"Bahkan proses pembongkaran itu kita hanya membantu. Itu dilakukan sendiri oleh mereka," kata Sigit.

Baca juga :