Pekik Takbir Bung Tomo yang Menggentarkan Penjajah !!


[PORTAL-ISLAM.ID] Hari Pahlawan yang diperingati setiap 10 November identik dengan sosok Bung Tomo.

Pria bernama asli Sutomo ini sukses membakar semangat arek-arek Suroboyo untuk melawan tentara Inggris dan NICA-Belanda yang ingin kembali menduduki Tanah Air setelah kekalahan Jepang.

Pria kelahiran Surabaya 3 Oktober 1920 ini memang dikenal jago orasi. Dan itu telah dia buktikan. Melalui corong Radio Republik Indonesia (RRI) dia dorong gelora perlawanan pejuang di Surabaya. Allahu Akbar! Merdeka! Itulah pekik keramat yang disisipkan Bung Tomo dalam pidatonya yang membakar semangat juang.

Bung Tomo tak sembarangan memilih Takbir dan kata merdeka dalam pidatonya. Kata demi kata dia pilih dengan sangat cermat untuk memompa semangat para pejuang kala itu. Dia sadar siapa lawan para pejuang. Tentara-tentara Eropa itu jelas-jelas dilengkapi senjata modern era itu. Sehingga, dia berusaha membuat bara dalam jiwa setiap pejuang.

Pekik Takbir Bung Tomo dan semangat Jihad yang digaungkan para Kyai melalui Resolusi Jihad itulah yang telah berhasil mengusir penjajah yang hendak kembali menjajah ibu pertiwi.

Pekik Takbir dan Resoulsi Jihad para pejuang kemerdekaan ini yang menjadikan pihak Barat mencapnya sebagai "MOSLEM FANATICS", label yang kerap dipakai untuk mendiskreditkan Umat Islam, seperti label Radikal sekarang.

Simak Pekik Takbir audio-video pidato Bung Tomo:

loading...
Loading...