ARAB PASTI ISLAM?


ARAB PASTI ISLAM?

Oleh: Dr Muhammad Arifin Badri

Sabar mas! jangan buru buru, dari dulunya tidak semua Arab itu Islam, sebagaimana tidak semua yang Islam pasti Arab.

Namun yang jelas, negeri manapun yang dikuasai oleh ummat Islam kala itu, segera penduduknya berbondong bondong masuk Islam, dan faktanya: secara suka rela mereka segera mempelajari bahasa Arab, lalu menggunakannya sebagai bahasa mereka.

Andalusia, yang terletak di ujung Eropa, kala itu seakan berubah menjadi negara Arab.

Dataran Cina, Afganistan, India, berbagai daerah di benua Afrika maupun Asia, termasuk Jawa, Sumatera, dll semuanya secara sadar dan suka rela, belajar bahasa arab, lalu menggunakannya sebagai bahasa mereka sehari hari.

Anda tidak percaya, nih coba renungkan dawuhnya Kiyai An Nawawi Al Bantani dalam kitab beliau:

( وعربية ) بأن تكون أركان الخطبتين بالعربية فإن لم يكن ثم من يحسن العربية ولم يمكن تعلمها خطب بغيرها فإن أمكن وجب على الجميع على سبيل فرض الكفاية فيكفي في ذلك واحد فلو تركوا التعلم مع امكانه عصوا ولا جمعة لهم فيصلون الظهر

"Dan diantara syarat sahnya khutbah shalat jum'at ialah kedua khutbahnya disampaikan dengan menggunakan bahasa Arab. Dan bila jamahnya tidak satupun bisa berbahasa Arab, dan tidak mungkin/mampu bagi mereka untuk mempelajarinya, maka khathib boleh menyampaikan khutbahnya dalam bahasa lain.

Dan bila mereka mampu untuk mempelajarinya, maka mereka semua wajib mempelajarinya, maksudnya wajib kifayah, sehingga bila telah ada satu saja yang mempelajarinya maka sudah cukup.

Bila mereka semua tidak mempelajari bahasa Arab, padahal mereka bisa melakukannya, maka mereka semua berdosa, dan tidak sah shalat jum'at mereka, sehingga mereka harus menggantinya dengan mendirikan shalat zhuhur." (Nihayatuz Zain oleh Mbah Kiyai Muhammad bin Umar bin Ali Nawawi Al Jawi Al Bantani hal 128).

Gimana coba? Sudahkah anda nyadar, mengapa sebagian "oknum" begitu sakiiiit hatinya terhadap semua yang berbau Arab?

Sebetulnya bukan Arabnya, karena mereka tahu bahwa di Arab juga ada yahudi, nasrani, komunis, dll. Namun mereka juga sadar bila ummat Islam pandai berbahasa Arab, artinya mereka akan lebih mudah memahami Al Qur'an, As Sunnah, dan selanjutnya Islamnya bener, ndak mudah di"bodoh-bodohi" oleh tokoh karbitan, bahkan "kucing sirkus" peliharaan "kompeni".

Semoga menyadarkan, dan menggugah semangat anda untuk belajar bahasa arab, minimal memfasilitasi anak anak anda untuk menguasai bahasa arab.[]

loading...
Loading...