Ada 34 Gubernur di Indonesia, Tapi Hanya Anies Baswedan Yang Dibidik


[PORTAL-ISLAM.ID]  Ada 34 gubernur di Indonesia tapi hanya pak Anies Baswedan yang selalu disoroti dan dipermasalahkan tiada henti di republik ini. Dan sepertinya selama beliau menjabat akan terus diperlakukan seperti itu, apalagi begitu banyak publik yang berharap beliau bisa maju menjadi calon presiden di 2024. Saya cuma membayangkan hantamannya akan semakin keras terhadap Pak Anies.

Jabatan itu amanah, diberikan Allah kepada orang-orang yang dikehendaki-Nya. Kita semua menjadi saksi bagaimana Pak Anies terpilih menjadi gubernur, begitu banyak ummat yang mendoakan beliau. Ada sebuah peristiwa besar yang melatarbelakanginya.

Dan pilihan ummat tidak pernah salah dalam menentukan siapa pemimpinnya. Reputasi kinerja Pak Anies berderet dan warga Jakarta bisa menyaksikan dan menikmanti perubahan-perubahan yang beliau lakukan selama ini.

Begitulah skenario Allah, jika Allah sudah berkehendak, maka sehebat dan setinggi apa pun upaya manusia akan hancur dengan sendirinya. Tim sukses Ahok kurang apa sih? Rasanya persiapan dan amunisi mereka untuk memenangkan Ahok sangat jauh bila dibandingkan dengan apa yang dimiliki oleh tim sukses Pak Anies.

Pak Anies sibuk bekerja, keberhasilannya tak banyak diwartakan media. Kata orang bijak, “confident and successful person is quiet, insecure and unsuccessful person is loud.”

Orang-orang yang percaya diri dan berkemampuan, kinerjanya bagus bekerja dalam diam, tapi sebaliknya orang-orang yang tidak memiliki kemampuan dan kinerjanya buruk hanya sibuk berteriak di media sosial dan banyak cakap di media massa menyatakan dirinya sedang sibuk bekerja dan berhasil. Meski realitas prestasinya ambrol dan faktanya tak seindah yang diucapkan.

Bila kita ingin memiliki pemimpin amanah untuk memimpin negeri ini lima tahun yang akan datang, yuk mari kita mulai perkuat ikhtiar kita dengan memperkuat ibadah dan doa mulai dari sekarang. Membela Pak Anies di media sosial saja tidak cukup. Kita harus menjemput takdir-Nya dengan meyakinkan-Nya bahwa negeri ini layak dipimpin oleh seorang yang amanah dan berkemampuan.

Ada sebuah nasihat, “kalian akan dipimpin oleh orang yang seperti kalian”. Sampai saat ini saya terus berusaha menyingkap makna yang Allah berikan kepada negeri ini. Lima tahun ke belakang dan selanjutnya negeri ini dihadirkan pemimpin seperti saat ini. Ada hikmah besar dibalik itu semua, dan kita harus berupaya menyibak makna yang tersembunyi.

Semoga Allah memudahkan kita untuk memahami makna tersembunyi tersebut dan menuntun kita ke jalan yang lebih terang menuju lima tahun ke depan.

Jum’at barokah, berkah untuk kita semua.

Tabik,
Dian Umar

(08/11/2019)

loading...
Loading...