Viralkan, Eskpor Komoditas Ini Naik Tajam !!


Viralkan, Eskpor Komoditas Ini Naik Tajam !!

Selasa dinihari. Terlihat kesibukan luar biasa di halaman belakang kantor Kemenko Semua Urusan. Awak media besar-besar sudah menunggu sejak dua jam yang lalu. Bakal ada pengumuman penting tentang kenaikan ekspor Indonesia yang luar biasa besar.

Ekspor ke negara-negara tetangga melonjak tajam.

Menko Perekonomian menolak untuk mengumumkan kenaikan ekspor itu. Begitu juga Menteri Perdagangan. Mereka mengatakan, komoditas itu tidak masuk dalam wewenang Menko Perekonomian atau Menteri Perdagangan.

Mereka mempersilakan LBP yang mengumumkan kenaikan fantastis itu. Alasannya, LBP memiliki hubungan emosional yang sangat kental dengan produksi komoditas tsb. Komoditas ini tak asing bagi LBP.

Tiba-tiba LBP muncul di depan para wartawan dan awak media. Berikut ini pengantar yang disampaikan Menko:

Saudara-saudara, mohon maaf harus menunggu lama. Dengan perasaan haru bercampur sedih, saya ditugaskan untuk mengumumkan kenaikan besar ekspor suatu komoditas yang selama ini banyak diributkan orang.

Sungguh tak disangka, setelah menurun selama beberapa tahun ini, ekspor kita kembali menguasai pasar regional. Komoditas ini memang tidak disukai jiran-tetangga. Tetapi, berkat kekuatan kita sebagai negara besar, akhirnya komoditas ini mereka bolehkan masuk tanpa ‘import duty’ (pajak impor).

Sungguh luar biasa. Komoditas yang tak disenangi oleh konsumen tetangga tapi mereka tidak bisa menolak ekspor kita. Bahkan membebaskan pajak impornya.

Ini membuktikan bahwa kita berhasil mendikte negara-negara lain. Saya yakin, ekspor produk-produk lain yang sejenis dengan komoditas yang tak disukai ini, juga akan melonjak.

Sekian dari saya. Silakan kalau ada pertanyaan.

Begitulah LBP menutup penjelasan persnya. Tapi, semua wartawan bertanya-tanya apa gerangan komoditas yang sangat istimewa itu. Tak disukai oleh konsumen tapi malah bisa masuk ke negara tetangga tanpa pajak impor.

Seorang reporter menyambar. “Apa komoditas yang Bapak maksud,” kata dia bertanya.

LBP menjawab, “Kamu dari MetroTipu ya?”

“Iya, Pak.”

“Tolong tulis bagus-bagus ya. Komoditas ini membuat Indonesia terkenal. Kamu harus bangga,” ujar LBP.

“Siap, Pak,” jawab reporter MetroTipu. Tapi, dia sangat penasaran produk apa yang dimaksudkan LBP.

“Produk apa itu, Pak?” Si reporter bertanya lagi.

LBP menjawab, “Berarti kamu tidak mengikuti perkembangan salah satu industri strategis kita.”

“Maaf, Pak. Saya sakit dalam seminggu ini. Saya mengalami gangguan pernapasan,” kata si reporter menjelaskan.

“Kamu baru datang dari Kuala Lumpur, ya?” tanya LBP.

“Betul, Pak.”

“Seharusnya kamu sudah melihat komoditas andalan itu di sana. Wartawan apaan kamu ini,” kata LBP.

“Maksud Bapak, Esemka ya Pak?”

“Emangnya kamu bisa sesak napas karena Esemka?” LBP balik bertanya.

“Bisa aja Pak. Malah saya jantungan kalau melihat Esemka.”

LBP langsung bergegas kembali ke lift gedung Kemenko. Dia tidak menyebutkan nama produk yang ekspornya naik tajam itu.

“Oooh, saya tahu maksud Bapak. Ekspor asap yang melonjak tajam, ya Pak…” kata si reporter Metrotipu agak berteriak kecil sambil melihat LBP berjalan cepat menuju lift.

“Beres, Pak. Kami akan beritakan di TV bahwa asap itu awal-awalnya saja membuat sesak napas. Setelah itu akan terbiasa.Terbiasa sesak napas,” kata si reporter.

LBP menekan tombol lift agak keras. Dia kelihatan dongkol. Dongkol karena terpaksa harus berputar-putar menjelaskan lonjakan besar ekspor komoditas asap Karhutla.

Di dalam hati, LBP bergumam. “Mentang-mentang gua Menko Segala Urusan, masa menjelaskan kenaikan tajam ekspor asap pun harus gua juga.”

Saking kerasnya tombol naik ditekan, lift meluncur dengan kecepatan tinggi, menembus atap gedung. Warga yang melihat bertepuk tangan, menyangka Kemenko sedang melakukan uji-coba roket peluncur ekspor untuk membantu Esemka.

18 September 2019

By Asyari Usman [fb]

Baca juga :