Sri Mulyani: Anak Harus Dikenalkan Gadget Sejak Dini, Warganet: Ngurus Duit Aja Gak Becus, Kok Ngajarin Ngurus Anak?


[PORTAL-ISLAM.ID]  Menteri Keuangan RI Sri Mulyani menganjurkan anak-anak usia dini diberikan gadget agar dapat meningkatkan konsumsi digital dan teknologi lantaran dinilai pada 2025 prospek di Asia Tenggara mencapai 50 miliar dollar AS.

Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Retno Listyarti menyampaikan anak yang sudah dijejali gadget sejak kecil akan bermasalah dalam tumbuh kembangnya.

“Anak yang sudah dikenalkan gadget sejak kecil tumbuh kembangnya akan terganggu, dia akan ketergantungan gadget, dan ini sangat berbahaya bagi mereka,” ungkap Retno kepada Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (24/9).

Dalam catatan World Health Organization (WHO) jelasnya, disebutkan ada sebelas penyakit mental anak di dunia lantaran penggunaan gadget yang berlebihan.

Retno menambahkan, dalam dunia sekolah anak yang sudah dikenalkan gadget sejak kecil akan memiliki pembendaharaan kata yang sedikit, tidak paham berkomunikasi dengan orang sekitar bahkan tidak mengerti apa yang dijelaskan guru terhadapnya.

“Karena dia biasa berkomunikasi satu arah, tidak dua arah, anak-anak yang sejak kecil dikenalkan gadget ini akan gagap saat berkomunikasi,” ucapnya.

Seharusnya anak usia emas diberikan aktivitas luar rumah yang membuat tumbuh kembangnya bagus.

“Misalnya kontak mata dengan orang lain, anak-anak balita itu harusnya bermain di luar rumah agar dia bergerak berkeringat, baik itu untuk tumbuh kembang anak,” katanya.

Mengenai imbauan Sri Mulyani agar anak-anak dikenalkan gadget sejak dini menurutnya kurang tepat.

“Jadi menurut saya kurang tepatlah kalau anak-anak harus dikenalkan gadget sejak kecil,” tandasnya.

Sumber: RMOL

Berita ini pun ditanggapi warganet.

"Ngurus duit aja ga becus. Ngajarin ngurus anak," cuit @penikmatlangkah.

"Terlalu maju menteri yang satu ini, harus dimundurkan," cuit @4_Mwijaya.


Loading...