Christ Wamea: Terima kasih Wagub Sumbar sudah datang di Wamena, sementara Presiden sibuk pelantikan


[PORTAL-ISLAM.ID]  Wakil Gubernur Sumatera Barat (Wagub Sumbar) Nasrul Abit berkunjung ke daerah Wamena, Jayawijaya, Papua. Dia ke sana untuk memastikan kondisi perantau Minang di daerah yang baru saja dilanda kerusuhan itu.

Nasrul Abit mengunjungi perantau Minang yang mengungsi usai kerusuhan di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua. Nasrul meminta pada pemerintah Kabupaten Jayawijaya untuk membawa perantau Minang yang trauma mengungsi ke Sentani, Kabupaten Jayapura.

"Tadi saya minta izin, barangkali kami diizinkan ke Sentani sementara, terutama perempuan dan anak-anak. Kami tidak akan tinggalkan daerah ini (Papua)," ujar Nasrul seperti dikutip dari Antara, Minggu (29/9/2019).

Sebanyak 10 perantau Minang diketahui meninggal dalam kerusuhan di Wamena. Delapan jenazah dipulangkan ke kampung halaman dan dua jenazah dimakamkan di Papua.

Meski kondisi di Wamena mulai kondusif, namun trauma disebut masih tersisa bagi para perantau. Sebagian disebut ingin pulang kembali ke Sumbar.

Nasrul mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan pemkab Jayapura, Wakapolda Papua, dan Danrem 172/Praja Wira Yakthi untuk membantu evakuasi perantau Minang dari Wamena ke Jayapura.

Nasrul menyebut Pemerintah Provinsi Sumbar bersama Pemkab Jayawijaya berkomitmen tak akan membawa keluar warga Sumbar dari Jayawijaya.

"Jangan salah pengertian bahwa kedatangan saya mau bawa warga Sumatera. Tidak begitu, kita ini NKRI, kami punya etika juga antarpemerintah provinsi dan kabupaten/kota," katanya.

Menurut Nasrul, tak semua perantau asal Minang ingin pulang kembali ke kampung halaman. Ia mengatakan, sebagian perantau yang sudah berada di Sentani justru tetap ingin bertahan dan membuka usaha baru di Papua.

"Kita sudah minta agar semua yang di Sentani didata, berapa yang ingin pulang dan berapa yang ingin bertahan. Mereka yang bertahan juga butuh bantuan, karena modal tidak lagi ada," ucap Nasrul.

Ia mengimbau para pengungsi yang masih berada di kodim dan beberapa tempat lainnya tak takut dengan kondisi di Wamena karena aparat telah menjamin keamanan.

Warga Papua Christ Wamea menyampaikan terima kasih atas kedatangan Wagub Sumbar, di saat Presiden masih sibuk dengan urusan pelantikannya.

"Terima kasih bpk Wagub Sumbar sdh dtg di Wamena ketemu langsung dg pengunsi asal Minang. Paling tidak telah mengurangi beban phiskologis dari pengunsi Minang. Bpk presiden belum datang lihat rakyatnya krn takut nanti dituduh pelanggar HAM serta masih sibuk urus persiapan pelantikan," kata @ChristWamea di twitter.
Loading...