Waduh! TERNYATA Sistem Jaringan Listrik RI Terkompleks di Dunia


[PORTAL-ISLAM.ID]  Padamnya listrik di wilayah Jabodetabek dan sekitarnya, Ahad, 4 Agustus 2019 lalu, telah memperlihatkan betapa rapuhnya sistem ketenagalistrikan Indonesia.
Kerapuhan ini merupakan dampak dari jaringan listrik Tanah Air yang memang sangat kompleks.

"Sistem jaringan listrik Indonesia adalah salah satu yang paling kompleks di dunia," ujar Ketua UmumPersatuan Insinyur Indonesia (PII), Heru Dewanto, Selasa, 6 Agustus 2019.

Heru memaparkan, sistem jaringan listrik Indonesia itu berupa kombinasi sistem besar (150-500 KV), sistem menengah (20-70 KV), sistem kecil tegangan rendah (220 V) dan sistem isolated.

"Bayangkan, semuanya harus melistriki lebih dari 17.500 pulau yang tersebar di seluruh nusantara," ucapnya.

Parahnya lagi, kata Heru, sistem kelistrikan yang kompleks ini bergantung hanya pada satu institusi saja, yaitu PLN. Oleh karenanya, PLN yang kuat, sehat dan digdaya adalah syarat mutlak.

"Ibaratnya jangan sampai PLN batuk. Karena kalau sudah batuk, maka seluruh sistem dan jaringan listrik akan demam," kata mantan CEO Cirebon Power ini.

Menurutnya, PLN ke depan tidak mungkin lagi sendirian dalam mengurusi tantangan ketenagalistrikan di negara kepulauan seluas dan sebesar Indonesia.

"Kalau akar masalahnya tidak diselesaikan maka ada kemungkinan listrik bisa padam lagi," imbuhnya.

Lebih lanjut, melihat beban saat ini dan tantangan ke depan, ia menilai sudah saatnya pemerintah mengkaji ulang struktur pasar ketenagalistrikan.
Apalagi disruptive technology telah tiba, seperti rooftop revolution, distributed generation, electric vehicles, energi baru dan terbarukan.

"Semua itu akan melahirkan generasi prosumer, produsen yang juga consumer. Karenanya, opsi seperti vertical dan/atau horizontal unbundling misalnya layak untuk dikaji lagi," tutupnya.

Sumber: Tribun
Baca juga :